Senin, 27 Nopember 2017 telah dilaksanakan kegiatan Kelas Ibu Hamil di ruang Diskusi Puskesmas Sedayu II oleh 2 mahasiswa S2 Kebidanan Universitas Aisiyah Yogyakarta dengan pendamping bidan Rohani Widiyanti.

Kelas ibu hamil merupakan salah satu sarana untuk membahas tentang kesehatan ibu dan anak sesuai standar dengan menggunakan buku KIA. Adapun materi yang diberikan yaitu tentang “pemanfaatan buku KIA oleh ibu hamil”, salah satunya adalah buku KIA harus dibaca oleh ibu hamil dan keluarga, namun pada kenyataannya buku KIA masih kurang dibaca oleh ibu hamil di rumah. Oleh karena itu, ibu hamil yang mengikuti kelas ibu hamil diminta untuk membaca buku KIA bersama-sama secara bergantian kemudian dibahas bersama dengan tenaga kesehatan.
Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan minat baca buku KIA bagi ibu hamil, sehingga diharapkan ibu mau membaca buku KIA selanjutnya di rumah berulang kali agar dapat lebih meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang kesehatan ibu dan anak.

Banyak materi yang dibahas dalam pertemuan ini namun yang lebih ditekankan untuk diperhatikan oleh ibu hamil yaitu tanda bahaya pada kehamilan, tanda bahaya pada persalinan, tanda bahaya pada ibu nifas, serta kesehatan dan cara perawatan bayi baru lahir, sehingga dapat berkontribusi dalam menurunkan angka kesakitan dan angka kematian ibu, bayi dan anak khususnya di wilayah kerja Puskesmas Sedayu II.(eta) #kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayuii #puskesmassedayu2 #kesehatanibudananak #kelasibuhamil #kesehatanibuhamil #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #kemenkesri #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: