Selasa, 28 Nopember 2017 di Aula Medika Dinkes Bantul Kader Argorejo Ibu Sri Mintarsih telah mengikuti kegiatan Pertemuan “Evaluasi Bedah Buku KIA” yang diselenggarakan oleh Seksi Kesga Gizi Dinkes Bantul.


Acara dibuka oleh ibu dr.Rr Anugrah Wiendyasari,MSc, kepala seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinkes Bantul, sekaligus memberi Materi Pertama tentang Penjelasan Kegunaan Buku KIA.
Buku KIA merupakan buku wajib yang harus dipunyai setiap ibu hamil s.d anak tumbuh menjadi balita. Manfaat buku KIA : (1).Untuk mengetahui kesehatan ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas, KB, bayi lahir, bayi dan balita. (2).Untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita.Untuk mengetahui status imunisasi ibu hamil dan bayi. (3).Untuk mengetahui riwayat penyakit bayi dan balita. (4). Untuk syarat pengajuan akte kelahiran ke capil, dan beasiswa, syarat masuk sekolah (TK, SD, Pertukaran pelajar ke luar negeri). (5). Untuk alat komunikasi, rujukan.

Dari bidan minta untuk peserta yang ikut sosialusasi bedah buku kia ditambah untuk kadernya, kurangnya membaca buku kia bagi ibu hamil, stiker p4k yang tidak dipasang di tempat yang kelihatan oleh ibu hamil, buku kia yang tidak di jaga oleh ibu balita (diorek orek / dosobek oleh balitanya).

Materi ke II  tentang PROGRAM JAMINAN PERSALINAN. Materi juga disampaikan oleh dr.Rr Anugrah Wiendyasari,MSc.
Jampersal adalah Jaminan Pembiayaan Persalinan, meliputi : (1). Pemeriksaan kehamilan resiko tinggi,  (2). Pertolongan persalinan,  (3). Pelayanan nifas termasuk KB pasca persalinan dan (4). Pelayanan bayi baru lahir di fasilitas kesehatan yang kompeten. Hal ini sesuai dengan peraturan Bupati Nomor 60 tahun 2017 semua Ibu hamil, bersalin, ibu nifas dan bayi lahir berhak mendapatkan layanan transportasi rujukan ke fasilitas kesehatan yang kompeten dan khusus Ibu hami, ibu melahirkan dan ibu bersalin yang berasal dari keluarga miskin dan tidak memiliki jaminan dapat mengakses layanan pertolongan persalinan beresiko tinggi.(srimintarsih)

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: