Sabtu, 2 Desember 2017 jam 9.30 wib di Aula Puskesmas Sedayu II telah dilaksanakan wawancara oleh Wartawan Radar Jogja Mas Zakki Mubarok mengenai program program inovasi Puskesmas Sedayu II.

Mas Zakki Mubarok, wartawan Radar jogja diterima langsung oleh ibu kepala Puskesmas Sedayu II ibu drg.Elmi Yudihapsari di Aula Puskesmas. Keperluannya untuk menginterview kegiatan program inovasi puskesmas. Dalam interview itu hadir juga programmer Promkes bapak Yoyok Prasetyo, dan  Wahyu Surya Rhomawati serta bidan Natya Ayu Pramudita. Wawancara dilaksanakan untuk mengetahui program program inovasi apa saja yang ada di Puskesmas Sedayu. Program inovasi Puskesmas Sedayu II ada sejumlah 13 Program, meliputi :
1. DUSUN SIAGA POLAMAN BERAKSI,
2. ODAMANTIK (ORANG DAMPINGAN PEMANTAU JENTIK)
3. Nakes SBM (Tenaga Kesehatan Surveilans Berbasis Masyarakat)
4. Masda (Germas Muda)
5. Rangkai Bunga Emas (Rangkul  dan Temani Ibu Pembangun Generasi Emas).
6. Dokmatik (Dokter Kecil PemantauJentik)
7. Pembatik (PemudapemberantasJentik)
8. Gemilang (GemarMakanIkanLengkapiGiziSeimbang)
9. SEHARI (SENAM SEHAT LESTARI)
10. Jasakes (Pekerjasadarkesehatan)
11. SODTREK (Saluran Operasi Dokumentasi dan Rekam Kegiatan)
12. APUSE (Ayo Ke Posyandu Sehatkan Anak)
13. KAMELIA (kader Melek Internet Argorejo Argodadi).
Tiga belas program ini dipaparkan secara garisbesarnya saja. “Apa itu Dusun Siaga Polaman”, tanya Zakki. Dusun Siaga adalah merupakan inovasi dari Desa siaga, adalah yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan serta kemauan untuk untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, bencana, dan kegawadaruratan, kesehatan secara mandiri. Dusun Polaman Siaga ini agak berbeda dengan dusun-dusun yang lain. Program-program yang menyesuaikan dengan program program pokok dan program pengembangan Puskesmas Sedayu 2 . Agar Masyarakat lebih mengenal juga Program Pokok Puskesmas. Dan juga Programmer Puskesmas lebih mudah memetakan program program dalam Dusun Siaga, karena ada sikronisasi program.

Kesehatan dasar Basic six atau 6 Program pokok puskesmas yaitu :
1. Promosi Kesehatan
2. Kesehatan Lingkungan
3. Pencegahan Pemberantasan Penyakit
4. Kesehatan keluarga dan Reproduksi
5. Perbaikan Gizi Masyarakat
6. Penyembuhan Penyakit dan Pelayanan Kesehatan

Maka Dalam Dusun Siaga POLAMAN BERAKSI, meliputi Pokja pokja (Kelompok Kerja), sbb :

  • POKJA PROMOSI KESEHATAN.
  • POKJA KESEHATAN LINGKUNGAN.
  • POKJA PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PENYAKIT (MENULAR DAN TIDAK MENULAR).
  • POKJA GIZI, KIA & REMAJA.
  • POKJA POSDUS (Pos Kesehatan Dusun); Tanaman Obat Keluarga (TOGA)
  • POKJA DARURAT KESEHATAN & TANGGAP BENCANA.
  • POKJA DANA USAHA & LOGISTIK.

“Kenapa Dusun Polaman yang dipilih”, tanya Zakki. BU yudhi menjelaskan : ” Karena Dusun Polaman ini adalah Dusun yang secara fisik banyak keunggulan. Dusun ini juga sering sekali mewakili kecamatan Sedayu dalam Lomba lomba Desa, PKK, Lansia, Posyandu, Lingkungan Hidup, dll. Sehingga kami perlu membentuk sebuah Dusun Percontohan Penggerakkan Pemberdayaan Masyarakat”.

Program kedua yang ditanyakan mas Zakki adalah Program Inovasi APUSE, ayo ke Posyandu Sehatkan Anak.
Penilaian kepada Posyandu Posyandu di wilayah Puskesmas Sedayu II dengan 2 Desa , yakni Argorejo dan Argodadi dalam rangka Revitalisasi Posyandu Balita. Program ini digelar dengan menggunakan metode yang juga merupakan PROGRAM INOVASI bernama KAMELIA, “KADER KESEHATAN MELEK INTERNET ARGOREJO ARGODADI” Program ini melibatkan keaktifan kader kader kesehatan dengan menggunakan media Group WA UPGK kader. Para ibu kader sharing/berbagi kegiatan dengan dokumen foto2 dan video ke Group WA UPGK. Salah satu manfaat dari kegiatan KAMELIA ini adalah Puskesmas selalu mendapatkan info2 kegiatan kader dan dusun berkaitan dengan aktivitas kesehatan yang dilaksanakan. Dalam hal ini kader kader kesehatan berlaku sebagai kontributor dari kegiatan kesehatan yang oleh Puskesmas diteruskan ke media media puskesmas seperti FB, Twitter dan Instagram, serta Web Puskesmas Sedayu II. Selsin itu kami juga menyertakan Petugas Puskesmas Sedayu II untuk menyemarakan kegiatan ini dengan Program INOVASI juga bernama SODTREK, yaitu SALURAN OPERASI DOKUMENTASI DAN REKAM KEGAIATAN. Petugas yang ke Posyandu wajib mendokumentasikan kegiatan kegiatan di lapangan termasuk ketika ke Posyandu Posyandu.

Dari sini, publik secara lebih luas akan mengetahui aktivitas kader kader kesehatan Argorejo dan Argodadi yang semoga bisa memberikan inspirasi kepada masyarakat luas.
KAMELIA sebenarnya kita rintis bersama sama ketika program kampanye Imunisasi MR mulai dilaksanakan di bulan Agustus 2017. Dan progressnya adalah media Puskesmas Sedayu II ramai oleh kegiatan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat yang kita laksanakan.
Dengan modal KAMELIA  dan SODTREK ini lah , program APUSE kami gelar dengan maksud agar kader kader sedayudua dan petugas Puskesmas Sedayu II memiliki keunggulan IT dari kader kader kesehatan di wilayah lain.(yoyok)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayuii #puskesmassedayu2 #programinovasi #apuse #sodtrek #kamelia #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #sedayucity #kemenkesri #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: