Minggu, 3 Desember 2017 bertempat di Kompleks Bumi Perkemahan PAYAMAN Kepuhan Argorejo Sedayu telah dilaksanakan Gerakan Makaryo Mbangun Ndeso dan Sosialisasi Jajan Tonggo Nglarisi Konco dengan rangkaian kegiatan yang diantaranya adalah GERMAS , Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Kecamatan Sedayu.

Kegiatan yang diikuti oleh segenap masyarakat Sedayu berikut Muspika serta semua linsek se kecamatan Sedayu bersama Komisi A DPRD Bantul diselenggarakan atas kerjasama Kecamatan Sedayu, Dusun Kepuhan (Perangkat dusun dan Pemuda), Karang Taruna Kusuma Bhakti Argorejo dan PPS (Paguyuban Peduki Sedayu). Kegiatan ini juga menggandeng PMI Yogyakarta untuk Penggalangan Donor Darah dan Puskesmas Sedayu II dengan pelayanan Chek Laboratorium dan Tim Medis P3K. Dan tidak lupa keterlibatan GERMAS MUDA SEDAYU yang ikut berkontribusi dalam Pelayanan Cek Kesehatan.
Acara diawali dengan Senam Massal yang diikuti sekitar 2000 peserta. Rangkaian Senam Massal diantaranya Senam Jajan Tonggo Nglarisi Konco.

Senam merupakan bentuk nyata dari kegiatan Germas yang pertama,yaitu Membiasakan masyarakat dengan Aktivitas Fisik. Sedangkan Senam Massal adalah wujud dari program Kabupaten Bantul berupa Pemassalan Olahraga Masyarakat.
Seusai Senam, acara dibuka dengan resmi dengan sambutan Camat Sedayu Bapak Fauzan Mu’arifin.

Dan kemudian dilaksanakan Makan Buah Pisang bersama yang dipimpin oleh dr.Sistia, dimana sebelumnya beliau memberikan penyuluhan tentang Gerakan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) secara mandiri, mengingat sudah memasuki musim penghujan. Juga disampaiakan Perilaku hidup Bersih dan Sehat serta GERMAS, Gerakan Masyarakat Hidup sehat, dimana salah satunya adalah Kegiatan Budayakan Makan Sayur dan Buah.

Hari ini disimbolkan dengan Makan pisang berama. Makan Pisang merupakan implementasi dari kegiatan kedua GERMAS, Budayakan Makan Sayur dan Buah.
Seterusnya acara bergulir dengan kegiatan hiburan dan penarikkan kupon doorprize.

Dan di sela sela kegiatan tersebut Puskesmas Sedayu II melaksanakan Chek Lab, dan bekerjasama dengan Germas Sedayu dilaksanakan Chek Kesehatan. Chek Kesehatan yang dilaksanakan adalah implementasi ketiga dari Kegiatan GERMAS. Tim Puskesmas Sedayu; dr.Kriessita Andiyani, Anisah Khoiriyah, Yoyok Prasetyo, Anton Ferry Daryanto, Puspita Riski yuwono, dan Kenthutana.

Germas Muda Sedayu adalah pemuda pemudi Sedayu yang tergabung dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Sedayu, dimana dari kiprah pemuda pemudi inilah diharapkan Gerakan Masyarajat Hidup Sehat di Sedayu bisa dilaksanakan. Pemuda pemudi yang bergabung tersebut berasal dari anggota karang taruna dati 4 desa di kevamatan Sedayu, Taruna Yodha Argomulyo, Taruna Sari Argosari, Satria Bhakti Argodadi dan Kusuma Bhakti Argorejo. Lengkap sudah rangkaian kegiatan hari ini kecamatan Sedayu melaksanakan 3 kegiatan utama Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Karang Taruna Kusuma Bhakti Argorejo bekerjasama dengan PMI Yogyakarta melaksanakan kegiatan Donor Darah. Antusias masyarakat sedayu untuk menjadi Donor Darah lumayan bagus.
Kegiatan lain dari acara ini adalah Penggalangan Dana untuk Bencana yang baru beberapa hari yang lalu terjadi di Yogyakarta juga dilaksanakan oleh PPS (Paguyuban peduli Sedayu) dengan menyebarkan Kotak Donasi Bantuan Bencana.

Kemudian Bapak camat Sedayu bersama Muspika dan unsur PPS (Paguyuban Peduli Sedayu) menyaksikan upaya pelestarian Alam dengan menaman benih pohon oleh calon pengantin dari Dusun Kepuhan Argorejo Sedayu.

Bapak Camat Sedayu juga meresmikan pemasangan Papan Larangan Membuang Sampah di wilayah Payaman Kepuhan sebagai upaya MEMBERSIHKAN LINGKUNGAN, dimana kegiatan ini juga merupakan bagian dari GERMAS Hidup Sehat dan secara lengkap adalah,sbb :

1. Melakukan aktifitas fisik,
2. Mengonsumsi sayur dan buah,
3. Tidak merokok,
4. Tidak mengonsumsi alkohol,
5. Memeriksa kesehatan secara rutin,
6. Membersihkan lingkungan, dan
7. Menggunakan jamban.
Acara berakhir pada jam 11.30 wib. (yoyok)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayuii #puskesmassedayu2 #jajantonggonglarisikonco #gerakanmakaryombangundeso #germas #masdasedayu #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #sedayucity #kemenkesri #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: