Senin, 4 Desember 2017 jam 08.30 wib petugas Kesorga Puskesmas Sedayu II bapak Yoyok Prasetyo telah mengikuti Workshop Kesehatan Olahraga di Koperasi ADIL yang diselenggarakan oleh Seksi Kesehatan Lingkungan Kesehatan Kerja dan Olahraga(KLKKKO) Dinkes Bantul.

Acara dibuka oleh Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Bantul bapak Bambang Agus Subekti,SKM,MPH. Beliau refresh informasi kembali kepada peserta yang hadir mengenai Instruksi Bupati No 1 Tahun 2017 tentang Makan Buah dan Sayur yang mendukung Instruksi Presiden No 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masayarakat Hidup Sehat.
Disinggung pula Surat Edaran Menpan  Nomor 51 Tahun 2017 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di
1. Mewajibkan kegiatan olahraga bersama secara rutin dengan melakukan senam bersama setiap hari jumat pagi setiap minggunya.
2. Mewajibkan kepada seluruh pegawai untuk melakukan peregangan selama 5 menit setiap 2 jam ditandai dengan bunyi baik berupa musik, alarm, maupun hal lain yang dikhususkan untuk memberikan instruksi peregangan kesehatan kerja.
3. Menyediakan sarana aktifitas fisik bagi seluruh pegawai yang ingin berolah raga baik sebelum jam kerja maupun setelah jam kerja
4. Memberikan pelayanan dan fasilitas deteksi dini penyakit secara rutin kepada seluruh Aparatur Sipil Negara dengan cara melakukan pemantauan melalui pemeriksaan kesehatan (medical check up) secara berkala sekurang-kurangnya 1 kali datam 1 tahun.
5. Menyediakan sarana ruang laktasi/menyusui dan perlengkapannya di lingkungan instansi Pemerintah.
6. Menerapkan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di seluruh gedung Instansi Pemerintah,
7. Menyajikan menu makanan tradisional yang sehat seperti sayur mayur lokal, dan konsumsi camilan/makanan ringan buah-buahan produksi dalam negeri maupun makanan lokal seperti singkong rebus, jagung rebus, pisang rebus dan kacang-kacangan pada penyelenggaraan pertemuan/rapat di dalam atau luar kantor.

Narasumber pertama dari sanggar Palupi bapak Abu Sarnyata. Beliau menyampaikan tentang materi Peregangan dan Ice Breaking. Hal Ice Breaking tersebut adalah pemenang Lomba Ice Breaking yang diselenggarakan oleh Dinkes Bantul. Ice Breaking ini lah yang akan menjadi Icon Ice Breaking Bantul. Sesi ini diakhiri denga melaksanakan Ice Breaking Bantul dipimpin oleh bapak Abu Sarnyata.

Narasumber kedua merupakan Dokter PSSI/ doiter timnas Sepakbopa Indonesia bapak dr.Alfan Nur Asyhad dosen pengajar Fak Kedokteran UII Yogyakarta. Beliau menyampaikan materi Keshatan dan Olahraga. Olahraga tertentu dapat digunakan untuk terapi penyembuhan penyakit. Deteksi Ukur Nadi dapat digunakan untuk mengetahui batas denyut nadi seseorang untuk melakukan aktivitas. Dengan rumus batas bawah (220-Umur)x 64 dan batas atas (220-Umur) x 76. Rumus ini berlaku bagi seseorang yang sudah melaksanakan kegiatan olahraga, 2x dalam seminggu atau minimal 1 kali. Untuk yang belum pernah olahraga menggunakan rumus (220-Umur)x 64. Dalam melakukan aktivitas fisik tidak boleh melebihi denyut nadi dari hasil rumusan tersebut.

Narasumber ketiga adalah Ibu Eka Novita Indra,SPOR,M.Kes. Beliau dosen pengajar di FPOK UNY. Beliau menjelaskan tentang Kesehatan Kebugaran. Kebugaran itu continue tidak tentatif seperlunya. Orang dikatakan bugar jika dia mampu melakukan kegiatan dengan baik, tidak mudah lelah. Kebugaran ada 2 : kebugaran kesehatan, yang outputnya untuk hidup sehat dan kebugaran untuk penampilan yang orientasinya olahraga tentatif untuk tujuan melulu fisik. Diit olahraga untuk mengatur pola makan dan diimbangi dengan olahraga.

Diit bukan untuk bentuk tubuh. Komponen kebugaran adalah : Kesehatan, Ketrampilan dan Fisiologis. Kebugaran Jasmani dioengaruhi ooeh Usia, Jenis kelamin, aktivitas fisik dan latihan, kualitas tidur, penyakit, rokok dan alkohol. Lifetime Fitness : Doing phsycal Activity, Getting Fit, self assessment, self planning, lifetime activity dan lifetime fitness
Rencaca Tindak Lanjut adalah Sosialisasi Kesehatan olahraga ke kantor maaing masing, Melaksanakan Aktivitas Fisik minimal 30 menit perhari, Melaksanakan Ice Breaking di kantor pada jam 10.00 wib dan jam 14.00 wib, Dan menganggarkan fasilitas/alat olahraga di kantor. Acara ditutup jam 14.00 wib. (yoyok)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayuii #puskesmassedayu2 #germas #kesorga #pemassalanolahragamasyarakat #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #sedayucity #kemenkesri #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: