Puskesmas Sedayu II dengan Tim Prolanis yang dipimpin oleh dr.Kriessita Andiyani menyelenggarakan Rangkaian Kegiatan Pelayanan Prolanis edisi bulan Desember 2017. di halaman dan Hall Puskesmas Sedayu II.

Tubuh Sehat Bugar, Kualitas Hidup Optimal, Produktivitas Meningkat

Hari ini adalah Kegiatan Prolanis ke 11 dalam tahun 2017 ini. Kegiatan ini rutin dilaksanakan pada Jumat pertama tiap bulannya. Rangkaian Kegiatan meliputi Senam Prolanis, Penyuluhan Kesehatan, Pendaftaran, Pengukuran Tensi, Cek Laboratorium, Pemeriksaan kesehatan dan rujukan, serta Pelayanan Obat.

Senam Sehat Bugar Prolanis mengawali dimulainya kegiatan Prolanis pada jam 07.30 wib di Halaman Puskesmas Sedayu II.  Senam diikuti sekitar 50 Orang, dari peserta Prolanis dan Karyawan Puskesmas Sedayu II.

Usai Senam, dilaksanakan Penyuluhan Osteoarthritis oleh dr Rizqidio Larisso Kusumowidyo. Osteoarthritis Merupakan penyakit degeneratif yang mengenai sendi terutama pada sendi yang menopang beban tubuh seperti lutut. Terjadi kerusakan dan penyempitan sendi sehingga sering menyebabkan nyeri. Tanda gejala antara lain nyeri saat digerakkan, sendi terasa kaku saat digerakkan, pembengkakan sendi, perubahan gaya berjalan. Bisa diobati atau diperingan dengan mengubah pola hidup dan pola makan, mengurangi berat badan, mengurangi aktivitas berat, penggunaab obat anti nyeri, fisioterapi.
Pendaftaran dan presensi. Hari ini peserta yang hadir 52 orang dengan petugas ibu DA Endang Sudaryati dan Ibu Maryani.

Pengukuran Tensi oleh bapak Basir
Cek Laboratorium : Gula darah, Asam Urat dan Kholesterol oleh petugas Lab Natya Ayu Pramudita.

Pemeriksaan Kesehatan oleh dr.Kriessita Andiyani.
Hasil pemeriksaan prolanis: Penderita DM yg datang sebanyak 29 dengan hasil pemeriksaan GDS terkontrol: 17 orang, GDS tinggi: 12 org. Penderita Hipertensi yg datang sebanyak 15 orang. Peserta yang diperiksa kolesterol sebanyak 14 orang, 1 orang kolesterol tinggi, 13 orang kolesterol normal. Peserta yang diperiksa asam urat sebanyak 9 orang dengan hasil pemeriksaan kadar asam urat tinggi sebanyak 4 orang.
Ada 3 prolanis yang dirujuk RS dan 2 prolanis dirujuk fisioterapi Puskesmas Sedayu II.
Pelayanan Fisioterapi bagi peserta prolanis yang dirujuk.
Pelayanan Obat untuk Prolanis.Petugas Obat oleh Parjono.
Kontributor Berita :
1. dr.Kriessita Andiyani
2. Wahyu Surya Rhomawati.

Program Pengelolaan Penyakit Kronis (PROLANIS) merupakan suatu sistem pelayanan kesehatan dengan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan Peserta BPJS, Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien. Tujuannya mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal dengan sasaran seluruh Peserta BPJS Kesehatan penyandang penyakit kronis (Diabetes Melitus Tipe 2 dan Hipertensi).
Ada 7 Pilar Prolanis yang menjadi inti kegiatan yaitu :
1. Konsultasi Medis
2. Panduan Klinis
3. Pelayanan Obat yang cepat dan terintegrasi
4. Pemantauan Kesehatan
5. Klub Risti
6. Home Visite
7. Reminder. (yoyok)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayuii #puskesmassedayu2 #prolanis #prolanissedayudua #bpjs #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #sedayucity #kemenkesri #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: