Ahad Wage, 10 Desember 2017 Dusun Sungapan Argodadi Sedayu melaksanakan rangkaian kegaiatan MERTI KALI KONTHENG yang diselenggarakan oleh Dusun Sungapan yang melibatkan semua warga Dusun dan perangkat Desa Argodadi dan dihadiri oleh Muspika Kecamatan Sedayu.

Merti dari kata preti,  berasal dari kata Pitre. Ada istilah Jawa kuno pitrekarya yang artinya memberi sesajen kepada para arwah leluhur. Jadi acara merti dhusun ini ada kaitannya dengan acara simbolis mempersembahkan sesajen dalam bentuk hasil bumi.

Dalam perkembangannya, adanya akulturasi kebudayan islam terhadap kearifan tradisi lokal Merti Dusun  tidak lagi diartikan pemberian sesajen kepada arwah leluhur tetapi dilakukan sebagai suatu ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang diperoleh dengan harapan pada musim tanam berikutnya akan mendapatkan rejeki yang lebih banyak, sehingga acara merti deso ini diisi dengan acara berupa doa-doa syukur dan pemberian sedekah kepada warga disekitarnya.

Merti Kali Kontheng adalah satu bentuk syukur warga masyarakat kepada Allaah atas segala rahmat dan limpahan rizki serta berkah atas ciptaanNYA berupa Kali Kontheng.
Rangkaian Merti Kali Kontheng merupakan bentuk Aktivitas Fisik. Kegiatan ini implementasi dari GERMAS, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, dimana pada tahun ini mengedepankan : Aktivitas Fisik, Cek Kesehatan Rutin dan Budaya makan sayur dan buah.

Rangkaian kegiatan acara diawali dengan (1) Upacara pengambilan air dari Sendang Ringin Mulyo, Watusoko Sungapan . (2) Penanaman pohon Pucuk Merah di sepanjang perjalanan menuju balai dusun.
(3) Upacara pelaksanaan kirab merti kali konteng di balai Dusun Sungapan .

(4) Pelaksanaan kirab dengan diikuti seluruh warga dusun sungapan sebanyak 10 kelompok . Masing masing kelompok adalah tiap RT dengan membawa Jodang yang berisi ingkung , tumpeng dan uborampe menuju Kali Kontheng.  Jodang yang berbentuk Jodang Limasan, dimana didalam Jodang tersebut berisi hasil bumi hasil pangan.

(5) Penandatanganan prasasti oleh Camat Sedayu bapak Fauzan Mu’arifin. Prasasti Destinasi Pangeran Diponegoro Wisata Air dan Pemancingan Kawasan Tempuran Sungapan Argodadi Sedayu.
(6) Peresmian Balai Dusun Sungapan.
(7) Simbolis penyerahan pelampung. Pelampung itu sebagai simbolis akan dibukanya wisata air di sungapan..yg akan dibangun infrastrukturnya oleh bapeda tahun 2019

(7) Menebar benih bibit ikan oleh Camat Sedayu , Danramil , Polsek(IPTU Agus Supraja), Kementerian Budaya , Lurah Desa Argodadi, bapak Dukuh Sungapan dan tokoh masyarakat lainnya.

(8) Penanaman pohon Durian oleh bapak Ir.Marjoko, Dinas Pertanian , Camat Sedayu, Danramil, Polsek, Lurah Desa Argodadi dan Kadus Sungapan..

(9) Kembul Bujono (makan bareng) yang diiringi dengan kesenian Gejug Lesung oleh warga Sungapan.
Penutup.(dewintya)
Dilanjut hiburan kesenian jathilan Sari Manunggal Budaya.(erwin)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayuii #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #sedayucity #kemenkesri #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: