Senin, 11 Desember 2017 jam 08.30 wib di Aula Puskesmas Sedayu II dilaksanakan penerimaan KKN Kesehatan Almaata 1 kelompok B dengan anggota 8 orang.
Mahasiwa KKN Kesehatan almaata 1 kelompok mulai hari ini melaksanakan kegiatan praktik komunitas di Gunungpolo Argorejo.
8 orang mahasiswa ini akan melaksanakan kegiatan Praktik di puskesmas dulu. Secara resmi diterima puskesmas. Oleh bapak jawad dijelaskan hal Teknis praktik di puskesmas.
Penjelasan praktik keperawatan di BP (memeriksa dan assesment), UGD (entry data,assessment), bekerjas sesuai APD , Obat, Lab. Dan Mahasiswa juga diikutkan dalam pelayanan kesehatan di lapangan seperti Puskesmas Keliling, PHN(Perkesmas), dan pembinaan Posyandu Balita dan Lansia yang sudah terjadwal.

Mahasiswa harus mematuhi peraturan yang ada dan memberikan kontribusi kepada kelancaran pelayanan kesehatan rutin di puskesmas.
Sesi kedua penerimaan mahasiswa KKN diisi oleh bapak Yoyok Prasetyo sebagai Promkes Puskesmas Sedayu II. Dalam kegiatan KKN Kesehatan Almaata nantinya akan melaksanakan kegiatan kegiatan Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat. Salah satunya membentuk Dusun Siaga Gunungpolo.Konsep Dusun Siaga ini disiapkan untuk kesiapan masyarakat dalam menghadapi darurat kesehatan dan darurat bencana. Banyak hal di dalam Konsep Dusun Siaga, yang pasti memunculkan icon Data Golongan darah,Jalur evakuasi dan titik kumpul serta Ambulan Dusun. Dusun Siaga tersebut bisa dikatakan sebagai Profil Dusun di bidang Kesehatan. Dari Buku Dusun Siaga inilah nanti menyumbang input untuk pembuatan Profil Dusun.

Mashasiswa juga diharapkan kerjasamanya untuk selalu update kegiatan kesehatan yang mreka lakukan. Membuat straight news dari kegiatan yang dilaksanakan. Berita ini juga bisa berupa Interpretative News dimana stright news yang dilengkapi dengan data data terkait. Berita ini bisa dikatakan seperti Notulen dari kegiatan. Lebih jelasnya nanti kan menjadi Materi dalam MTE, yang akan diberikan dalam minggu ini.(yoyok)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #kknalmaata #kknkesehatan #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #kemenkesri

 

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: