Tim KIA Puskesmas Sedayu II melaksanakan Pendampingan ibu hamil oleh dokter ahli kandungan dilakukan pada hari Rabu 20 Desember 2017 diruang KIA puskesmas Sedayu II oleh dr.Eduardus Raditya, Spog
Dalam acara ini tim KIA menghadirkan dr. Edo Raditya, SpOG untuk memberikan pelayanan USG dan Konsultasi Dokter Ahli bagi Ibu-ibu hamil dengan risiko tinggi. Sebanyak 20 pasien dilakukan pemeriksaan USG dan konsultasi kehamilan dengan kasus primi tua, multigravida tua, spasing yang terlalu lama,ketidakpastian umur kehamilanny dan kasus2 yang lain.
Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendekatkan pelayanan kesehatan oleh dokter ahli kepada masyarakat, sehingga bisa memonitoring mengenai kondisi ibu dan janin yang dikandungnya, mengetahui perkembangan kehamilan, tingkat kesehatan kandungan, kondisi janin, juga penyakit atau kelainan pada kandungan dan diharapkan bisa dilakukan penanganan secara dini.

Alur dari pelayanan konsultasi ini adalah ibu hamil melakukan pendaftaran yang tertuju Poli KIA kemudian dilakukan pemeriksaan tekanan darah dan berat badan di KIA. Setelah itu, pasien berkonsultasi dengan dr. Edo dan dilakukan pemeriksaan USG. Setelah USG, pasien menerima konsumsi, cinderamata dan uang transport dari Puskesmas Sedayu II. Pasien yang kehabisan obat maupun yang memerlukan tindak lanjut setelah dilakukan pemeriksaan langsung ditindaklanjuti oleh Bidan Puskesmas Sedayu II.

Melakukan koordinasi dengan dokter ahli juga merupakan bentuk upaya dalam penurunan AKI dan AKB.Dengan adanya acara ini diharapkan dapat menyumbang partisipasi aktif tenaga kesehatan dalam menurunkan AKI (Angka Kematian Ibu) dan AKB (Angka Kematian Bayi) di Indonesia.(anik/natya)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #pendampinganibuhamil #kia #rangkaibungaemas #ibuhamil #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: