Sabtu, 23 Desember 2017 Dalam rangka pengenalan konsep Dusun Siaga tim Desa Siaga Puskesmas Sedayu II melaksanakan MTE (Meet The Expert) dengan Mahasiswa Praktik Komunitas Kebidanan Universitas Alma Ata di Aula Puskesmas Sedayu II.

Pertemuan tersebut dilaksanakan untuk memberi bimbingan dan pendampingan tentang konsep Dusun Siaga kepada KKN Kesehatan atau Praktik Komunitas Kebidanan Almaata. Para mahasiswa ini terbagi menjadi 4 kelompok KKN yang tersebar di 4 Dusun di 2 Desa. Dusun Kepuhan dan Polaman Desa Argorejo dan Dusun Ngepek dan Dingkikan Desa Argodadi Sedayu. Tim Dusun Siaga Puskesmas Sedayu mengharapkan di 4 dusun ini segera terbentuk Dusun Siaga, berikut dengan Deklarasinya.

Materi I disampaikan oleh bidan Natya Ayu Pramudita mengenai konsep Dusun Siaga. Dusun Siaga adalah merupakan inovasi dari Desa siaga adalah Dusun yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan, bencana dan kegawatdaruratan kesehatan, secara mandiri.
Selain itu juga disampaikan mengenai UKBM (Upaya Kesehatan Bersumber Masyarakat) yang ada di masing-masing dusun. UKBM diantaranya adalah Posyandu (Posyandu Balita dan Posyandu Lansia), Dusun siaga, Poskesdes, Posbindu, UKK, UKS, SHG ODGJ, dll.

Selanjutnya disampaikan pula mengenai struktur organisasi Dusun Siaga beserta tugas pokok dan fungsinya oleh Bapak Yoyok Prasetyo selaku Promkes Puskesmas Sedayu II, yang memberikan Materi kedua dalam MTE kali ini. Ada 7 pokja yang harus ada dalam struktur kepengurusan Dusun Siaga di wilayah Puskesmas Sedayu II, dimana di wilayah Puskesmas Sedayu II ada perbedaan dengan konsep Dusun Siaga pada umumnya. Dusun Siaga di sini mengacu kepada Program Pokok Puskesmas, yaitu : Program Promkes, Kesling, P2, Gizi dan KIA. Dari sinilah Pokja pokja Dusun Siaga dibentuk, yaitu :
1. POKJA PROMOSI KESEHATAN.
2. POKJA KESEHATAN LINGKUNGAN.
3. POKJA PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PENYAKIT (MENULAR DAN TIDAK MENULAR).
4. POKJA GIZI, KIA & REMAJA.
5. POKJA POSDUS (Pos Kesehatan Dusun); Tanaman Obat Keluarga (TOGA)
6. POKJA DARURAT KESEHATAN & TANGGAP BENCANA.
7. POKJA DANA USAHA & LOGISTIK.

“Icon Dusun Siaga pada dasarnya adalah Darurat Kesehatan dan Tanggap Bencana”, kata bapak Yoyok menjelaskan konsep Dusun Siaga.
“Icon darurat kesehatan adalah adanya Data Golongan Darah dan Ambulan Dusun. Dan Icon Tanggap Bencana berupa ditandainya TITIK KUMPUL dan JALUR EVAKUASI”, ujar bapak Yoyok.
Dari sinilah nantinya para mahasiswa KKN ini mensosialisasikan kepada masing masing Dusun.
Bapak Yoyok menambahkan bahwa dimungkinkan pula dalam sistem darurat kesehatan akan ditambahkan adanya chek HB untuk sasaran remaja putri. Untuk ini tim Dusun Siaga Puskesmas masih bernegosiasi kepada tim laboratorium Puskesmas. Pada proses dusun siaga yang lalu, seperti biasanya Tim Dusun Siaga puskesmas akan berkontribusi yang salah satunya adalah chek golongan darah gratis kepada masyarakat di dusun siaga tersebut.

Dalam kesemapatan ini pula bapak Yoyok menyampaikan kepada 4 Kelompok KKN ini untuk melaksanakan Tebar benih ikan dan tanam bibit pohon untuk masing masing dusunnya sebagai upaya ikut berkontribusi kepada program kecamatan Sedayu dimana untuk calon pengantin melaksanakan tebar benih ikan tersebut, seperti yang sudah dilaksanakan  KKN Kesehatan dari profesi Ners Almaata di Gunungpolo. https://puskesmas.bantulkab.go.id/sedayu2/2017/12/21/kkn-kesehatan-almaata-tebar-benih-ikan-dan-tanam-bibit-pohon-di-dusun-gunungpolo
Bapak Yoyok juga menyampaikan untuk setiap dalam kesempatan acara rutin masing masing dusun, mahasiswa bisa ikut memberikan penyuluhan, diataranya tentang PSN Mandiri mengingat saat ini sudah memasuki musim hujan, dimana berpotensi adanya jentik nyamuk.
Terakhir disampaikan juga untuk selalu mendokumentasi setiap kegiatan KKN dan melaporkan kepada preseptor dari puskesmas, yaitu saudari Natya dan ibu Mangesti Handayani. Acara berakhir pada pukul 16.30 wib.(natya/yoyok)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #sedayu #dusunsiaga #kknalmaata #kknkebidananalmaata #praktikkomunitaskebidananalmaata #kasebar #mte #dinkesbantul #kabupatenbantul #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: