Selasa, 26 Desember 2017 di Balai Dusun Dingkikan telah berlangsung acara SHG (Self Help Group) yang merupakan kelompok Swabantu bagi ODAM (Orang Dampingan), sebutan untuk Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di wilayah Puskesmas Sedayu II yang juga merupakan salah satu UKBM di Desa Argodadi Sedayu Bantul.

Acara ini merupakan acara rutinan yang biasa dilaksanakan setiap Selasa Kliwon di Kecamatan Sedayu yang pada kesempatan kali ini bertempat di Argodadi tepatnya di Dusun Dingkikan. Acara ini juga merupakan salah satu ajang silaturahim bagi petugas kesehatan, para kader, tokoh masyarakat dan juga bagi keluarga yang mempunyai anggota keluarga spesial, selain itu pada pertemuan kali ini juga bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat serta memotivasi masyarakat untuk lebih peduli dengan lingkungan sekitar.

Acara ini dihadiri oleh Pegurus SHG Argodadi, perwakilan dari Puskesmas Sedayu II bapak Jawad Abdurrohman, tokoh masyarakat, mahasiswa PPKK Universitas Alma Ata Yogyakarta, para kader, warga masyarakat dingkikan dan Mahasiswi Universitas Mercubuana Yogyakarta Ayu Pradansari dan Melinda, serta Bapak Agus Darmoko, pimpinan LK3BIMa(Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga BINA INSAN MANDIRI) DIY.
Materi penyuluhan dari UMBY adalah mengenai kesehatan mental. Bahwasanya seseorang dapat mengenali dirinya sehat secara mental dengan cara mendeteksi dini oleh diri sendiri, keluarga serta melihat gangguan mood yang ada pada dirinya. Selain itu, melihat gambaran di keluarga mengenai kesehatan mental.

Disamping itu, kita harus dapat memanage atau mengatur tingkat stress dan juga stressor yang didapat, karena apabila stressor tinggi dapat menyebabkan gangguan depresi yang mana akan timbul gangguan mood pada diri sendiri dan juga keluarga.
Alhamdulillah, acara dapat berlangsung dengan lancar dan warga masyarakat Dingkikan antusias dalam mengikuti acara tersebut, semoga acara ini dapat terus berlanjut, dan menjadi pengalaman yang bermanfaat khususnya bagi mahasiswa yang ikut serta di dalam acara tersebut.(fitria)
#kes@sedayudua #promkessedayudua # #puskesmas #puskesmassedayuii #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #sedayucity #praktikkomunitas #kknkesehatan #kknalmaata #kknsedayudua #kebidananalmaata #almaata #odgj #shgodgj #kemenkesri #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: