Rabu, 27 Desember 2017 jam 20.00 wib Mahasiswa KKN Kebidanan Almaata mengikuti Pengajian di kediaman Ibu Jini, Rt 11 dusun Ngepek Argodadi Sedayu.

Kegiatan pengajian rutin ini pada malam ini diisi Penyuluhan yang bertemakan ” SADARI”. oleh Mahasiswa KKN Kebidanan Almaata. Pada kesempatan ini juga disampaikan penyuluhan terkait iva. Ibu dukuh ibu Eny Ridayati juga sedikit menambahkan terkait iva. Mahasiswa KKN Kebidana menyampaikan kepada Ibu ibu untuk tanggal 10 Januari 2017 di Puskesmas Sedayu akan dilaksanakan pemeriksaan IVA. Ibu ibu belum ada yang mendaftar mereka masih memikirkan terlebih dahulu karena masih banyak yang takut.
SADARI (pemeriksaan payudara sendiri) adalah upaya yang dilakukan oleh wanita usia subur untuk mendeteksi dini ca mamae (kanker payudara). Selain itu, juga untuk mendeteksi keabnormalan pada payudara.

Sadari dilakukan rutin hari ke 7 setelah menstruasi.
IVA (inspeksi visual asam asetat) merupakan upaya yang dilakukan oleh wanita usia subur yang sudah menikah untuk mendeteksi dini keabnormalan pada cerviks (mulut rahim). Hal ini erat kaitannya dengan tingginya kejadian cancer servik.

IVA dapat dilakukan di puskesmas atau faskes kesehatan dasar yang melayani
Baik IVA maupun Sadari merupakan langkah awal yang sangat dianjurkan karena tingginya kejadian cancer pada perempuan. Ca payudara menempati urutan pertama dan ca cerviks menempati urutan ke dua sebagai penyebab kesakitan dan kematian pada wanita usia subur.(awwa/ana)
#kes@sedayudua #promkessedayudua # #puskesmas #puskesmassedayuii #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #sedayucity #praktikkomunitas #kknkesehatan #kknalmaata #kknsedayudua #kebidananalmaata #almaata #mmd2 #kemenkesri #kemenkes

 

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: