Rabu, 27 Desember 2017 bertempat di Hall Puskesmas Sedayu II telah dilaksanakan kegiatan rutin RAPI, Rabu Pintar oleh penyelenggara Tim RAPI yang diikuti oleh semua karyawan Puskesmas.

Dipimpin oleh dr. Sri Rahayu sebagai pebawa acara pada hari ini.
Materi pertama diisi oleh sdra Prasinto R tentang SIRUP . Sirup merupakan Sistem Rencana Umum Pengandaan yaitu sebuah aplikasi dimana bila suatu lembaga atau instansi yang akan mengadakan barang/jasa maka lembaga tersebut harus melaporkan pada sistem rencana umum pengandaan.
Materi ke 2 diisi oleh ibu Ka Pusk Sedayu 2 ibu drg. Elmi Yudihapsari tentang Workshop Forkom Kapus DIY yang dilakukan selama 2 hari pada tgl 7-8 Desember 2017. Materi pada hari pertama yang diikuti bu drg. Elmi Yudihapsari yaitu sambutan Kadiskes DIY tentang capaian imunisasi MR yang sudah mencapai target hingga 98%, kemudian pada tahun 2018 yang akan menjadi prioritas kesehatan yaitu KIA, AKB dan Gizi buruk (stunting). Bagi petugas ASN dilarang untuk mengikuti parpol karena tahun 2018 akan menjadi tahun politik.

Bagi Puskesmas yang sudah terakreditasi diharapkan tetap menjaga mutu pelayanan yaitu zero complain. Menurut UU no. 23 tahun 2014 tentang ukuran kinerja Bupati, pencapaian kinerja puskesmas akreditasi berdasarkan pada PISPK, SPM, Mutu dan Keselamatan Pasien. DANAIS (Dana Keistimewaan) 2018 Pemerintah DIY  salah satunya dialokasikan untuk gerai jamu.

Hari kedua yang diikuti oleh drg. Ferika diisi oleh ORI DIY. ORI adalah Ombusman Republik Indonesia yaitu merupakan komisi yang mengawasi pelayanan publik dimana komisi tersebut berfungsi sebagai wadah jika ada keluhan masyarakat terhadap pelayanan publik.
Bila ada penyimpangan dan penundaan pelayanan maka keluhan tersebut akan ditangani oleh ORI. Cara yg dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya keluhan atau untuk meningkatkan pelayanan yaitu dengan melakukan perbaikan budaya dan struktur. Sisi baik dari keluhan atau pengaduan bisa menjadi sarana kontrol dan juga evaluasi terhadap pelayanan yang telah di berikan.

Materi yg ke 3 yaitu penyampaian hasil survey peningkatan pengetahuan sejak dilaksanakan program RAPI yang diisi oleh drg. Ferika. Dengan bantuan Coas Kedokteran IKM dari UMY maka dilakukanlah survey peningkatan pengetahuan RAPI dengan cara memberikan pre-test dan post-test atau tes sebelum dan sesudah penyampaian materi tentang Typhoid dan GERMAS (materi RAPI pada hari rabu 20 Desember 2017) kepada seluruh karyawan di Puskesmas Sedayu 2, dalam hasil dari survey tersebut ada peningkatan score setelah pemberian materi. Hal ini membuktikan bahwa dengan diadakannya RAPI (Rabu Pintar) maka pengetahuan karyawan Puskesmas Sedayu 2 semakin meningkat.
Acara terakhir yaitu pemberian reward kepada karyawan puskesmas yg mendapat nilai hasil test tertinggi dan karyawan puskesmas yg sudah berperan dalam terselenggaranya rabu pintar.(puspita)
#kes@sedayudua #promkessedayudua # #puskesmas #puskesmassedayuii #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #sedayucity #rapi #rabupintar #updateknowledge #kemenkesri #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: