Jumat 29 Desember 2017 jam 16.00 wib di halaman rumah Dukuh Ngepek bapak Teguh Suryanto, GERMAS Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dengan Senam rutin lansia dan pralansia dilaksanakan bersama dengan mahasiswa Program Pendidikan Kebidanan Komunitas Almaata.

Mahasiswa Praktik kebidann komunitas Almaata di dusun NGEPEK Argodadi Sedayu melaksanakan kegiatan GERMAS gerakan masyarakat meliputi  Cek Kesehatan rutim dengan pemeriksaan tekanan darah sebelum melakukan senam, lalu dilanjutkan dengan senam Lansia bersama warga setempat. Setelah dilakukannya senam mahasiswa KKN mendemostrasikan 6 langkah cuci tangan yang benar dan diakhiri dengan makan buah bersama (Buah Semangka).

Jargon dusun ngepek ” Ngepek Gemar Makan Buah” . Senam dilakukan dihalaman rumah pak dukuh, dan berlangsung pada pukul 16.00-17.00 WIB, warga sangat antusias dengan adanya germas tersebut.

GERMAS ; Gerakan masyarakat hidup sehat adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Tujuan Germas adalah : Menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kematian maupun kecacatan, Menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk,Menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.
Adapun indikator Germas adalah :
1. Peningkatan Aktivitas Fisik
2. Peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan sehat
3. Penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi
4. Peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit
5. Peningkatan kualitas lingkungan; dan
6. Peningkatan edukasi hidup sehat
Dan untuk tahun ini, hanya 3 indikator germas, yaitu : Aktivitas Fisik,Makan sayur dan buah dan chek kesehatan rutin.

Pada hari ini Dusun Ngepek dengan Lasia dan KKN Kebidanan Almaata telah melaksanakan 4 dari kegiatan GERMAS, yaitu :
1. Melakukan aktifitas fisik,
2. Memeriksa kesehatan secara rutin,
3. Mengonsumsi sayur dan buah,
4. CTPS sebagai implementasi PHBS.(dyah/anna/yoyok)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #germas #germassedayudua #sedayucity #aktivitasfisik #sedayu #kesorga #kesehatanolahraga #kesorgasedayudua #ptm #penyakittidakmenular #pemassalanolahragakabupatenbantul2017 #kebidanan #kebidanankomunitas #kknkebidanan #kknalmaata #praktikkomunitas #kemenkesri #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: