Jumat ,29 Desember 2017 ,pukul 07.30 WIbProgram Pendidikan Kebidanan Komunitas Almaata di Dusun Kepuhan melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dalam kegaiatan rutin Jumat Bersih Dusun.

Kegiatan Jumat bersih, Mahasiswa Praktik Komunitas Kebidanan Almaata bersama kader kesehatan Dusun Kepuhan Argorejo Sedayu memantau lingkungan sekitar dan sekaligus melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan memeriksa jentik jentik pada bak mandi juga genangan air pada 6 rumah di RT 12 dan 35 rumah di RT 13 Dusun Kepuhan Argorejo Sedayu. Hasil PSn dari 2 RT tersebut ditemukan jentik pada 6 rumah di Rt 13 dan tidak ditemukan jentik di RT 11. Angka Bebas Jentik (ABJ) atau Larva Free Index adalah Persentase rumah dan atau tempat umum yang tidak ditemukan adanya jentik pada pemeriksaan jentik dalam Pemberatasan Sarang Naymuk (PSN).

ABJ hari ini adalah 82.86% di RT 13 dan 100% di RT 12, sehingga total ABJ adalah 91,43%. Angka ini masih dibawah standard ABJ Kabupaten Bantul, yaitu 95%. Perlu sekali upaya sosialisasi pentingnya PSN dan aksi nyata upaya pencegahan DB di Dusun Kepuhan. Apalagi musim hujan masih beberapa saat ke depan, dimana ketika di saat ini potensi tinggi berkembangnya jentik.(anna/fatma/yoyok)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayuii #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #kknalmaata #praktikomunitas
#kknkebidanan #psn #psnmandiri #kemenkesri #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: