Jumat, 29 Desember 2017 telah dilaksanakan Kemitraan Bidan Dukun di Aula Puskesmas Sedayu II.

Kegiatan ini rutin dilakukan setiap satu bulan sekali yang tepatnya dilaksankan pada hari Jumat Pon. Jumlah dukun yang hadir dalam pertemuan tersebut ada 9 orang. Acara dibuka jam 09.00 oleh ibu Maryani selaku bidan di Puskesmas Sedayu II.
Ibu Maryani menyampaikan mengenai kematian ibu dan bayi. Beliau berpesan kepada Dukun supaya selalu berpartisipasi aktif dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

Setelah itu dilanjutkan oleh Saudari Wahyu Surya Rhomawati selaku pelaksana Promkes Puskesmas Sedayu II yang menyampaikan mengenai kasus difteri yang sekarang sedang marak dibicarakan oleh masyarakat Indonesia.

Saudari Awwa memberikan gambaran apabila menemukan gejala penyakit difteri di lingkungan sekitar maka harus segera menyarankan penderita untuk dirujuk. Adapun gejala difteri diantaranya panas yang tidak terlalu tinggi, munculnya lesi pseudomembran pada nasofaring, dan bullneck (pembengkakan kelenjar limfa di daerah leher).

Selain materi penyuluhan, pada pertemuan ini juga diadakan arisan dan tabungan bagi Simbah Dukun dan karyawan Puskesmas Sedayu II.

Pada kesempatan ini mbah Dukun diajak melaksanakan Ice Breaking Puskesmas Sedayu II “Gertak Masambel”. Para Mbah Dukuh mengikuti gerakan gerakan Ice Breaking yang dipandu oleh Ibu Awwa.
Acara ditutup pukul 11.00 WIB. Acara ditutup dengan senam gertak masambel dan ice breaking. Dengan adanya acara ini diharapkan dapat terjalin kerjasama yang baik antara Dukun dengan Petugas Kesehatan.(natya)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayuii #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #kemitraanbidandukun #arisanmbahdukun #kia #kemenkesri #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: