Sabtu, 30 Desember 2017 pukul 16.00 TPA di Masjid Mujahidin Kepuhan RT 11 Agrorejo Sedayu Mahasiswa PPKK Kebidanan Komunitas AlmaAta sosialisasi PHBS kepada anak anak TPA.

CTPS adalah Cuci Tangan Pakai Sabun. CTPS merupakan implementasi dari salah satu indikator PHBS. PHBS kepanjangan dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Pengenalan PHBS lebih dini kepada anak sangat perlu. Karena itu mahasiswa KKN Kebidanan AlmaAta mensosialisasikannya dalam forum TPA.
Acara diawali dengan pembukaan doa belajar kemudian mengaji iqro,dan al qur’an.
Acara berikutnya Ceremonial: sambutan panitia KKN almata, doa , praktik cuci tangan pakai sabun dan penutup.
Sambutan ketua TPA Masjid Mujahidin mengucapkan terimksih atas semangat adik adik yang melaksanakan acara dan kegiatan cuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan.

Pada kesempatan ini Mahasiswa KKN Kebidanan Alma Ata melaksanakan praktik cuci tangan pakai sabun pada anak anak TPA di masjid Mujahidin komunitas di dusun Kepuhan Argorejo Sedayu.
PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan dapat berperan aktif dalam kegiatan – kegiatan kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan–kegiatan kesehatan di masyarakat. 10 Indikator PHBS :
Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, Memberi ASI ekslusif, Menimbang bayi dan balita, Menggunakan air bersih, Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, Menggunakan jamban sehat, Memberantas jentik di rumah, Makan buah dan sayur setiap hari, Melakukan aktivitas fisik setiap hari, Tidak merokok di dalam rumah. CTPS adalah indikator PHBS kelima dari PHBS. (yunita/yoyok)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #germas #germassedayudua #sedayucity #aktivitascucitangan #sedayu #kescutangan #kesehatan cucitangan #kknalmaata #kemenkesri #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: