Rabu, 3 Januari 2018 di ruang Hall Puskesmas Sedayu II dilaksanakan Kegiatan rutin RAPI, yakni Rabu Pintar, sebuah media Update Knowledge bagi karyawan Puskesmas Sedayu II.

Mc oleh ibu Mutohharoh acara rabu pintar di awali dengan doa bersama, kemudian materi pertama diisi oleh dr. Kriessita tentang ambulan. Ambulance adalah kendaraan yang diisi dengan peralatan medis untuk mengangkut orang sakit / korban kecelakaan. Ambulan di lengkapi dengan sirine yg berfungsi untuk membuka jalan dan ambulan memiliki hak untuk melanggar lalu lintar untuk menyelamatkan nyawa. Puskesmas Sedayu II mendapatkan ambulan baru dengan tipe medium dilengkapi dengan sirine, ambulan stretcher, kotak obat, alarm O2, charger, APAR mini.

Materi yang kedua diisi oleh ibu Eni Susanti tentang Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu / SPGDT. Tujuan diadakannya SPGDT diharapakan menjadi service center yang dapat dihubungi untuk menangani kasus kegawat daruratan. Bila terjadi kegawatdaruratan saat kita berada dalam lokasi tersebut kita dapat menghubungi nomer 119, PSC (public safety center) akan mengarahkan kita untuk menolong kegawat daruratan sembari menunggu tim medis yg akan membantu.

Dalam PMK no. 64 tahun 2013 diharapkan Puskesmas memiliki tim TRC (tran reaksi cepat) yg merupakan tin yg bergerak cepat dalam menanggulangi kegawat daruratan. Fase SPGDT dalam menggulangi kedaruratan yaitu pra hospital penatalaksanaan pasien gawat darurat di lokasi kegawatan sebelum mendapatkan pertolongan medis di rumah sakit, inter hospital yaitu pertolongan medis di rumah sakit dan intra hospital setelah hospitalisasi. Jadi jika jika terjadi kegawatan kita dapat menghubungi publik safety center dg nomer 119.

Materi ke tiga diisi oleh sodari Natya Ayu Pramudita tentang Gasbinsun. Diharapkan dengan dilakukannya petugas bina dusun bila terjadi masalah kesehatan dalam dusun binaan dapat di komunikasikan pada petugas bina dusun.

Materi yg ke empat diisi oleh ibu Nanik Tejowati tentang UKM. Upaya Kesehatan Masyarakat diharapkan dapat mengumpulkan capaian kinerja UKM pada bulan Juni sampai Desember. Hasil capaian tersebut akan menjadi bahan untuk melakukan lokakarya mini lintas sektor &musyawarah masyarakat desa.Acara kemudian di tutup dengan doa.(puspita)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #updateknowledge #rabupintar #rapi #dinkesbantul #kabupatenbantu

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: