Kamis, 4 Januari 2018 telah dilaksanakan rapat Tri Komponen di Aula Puskesmas Sedayu II.

Rapat ini melibatkan pihak Kecamatan Sedayu, Kelurahan dan Puskesmas Sedayu II. Dari kecamatan meghadirkan 2 petugas PLKB. Dari kelurahan menghadirkan 2 kasi pelayanan dan 2 kader PPKBD. Sementara dari Puskesmas Sedayu II menghadirkan ibu Kepala Puskesmas, dokter Penanggungjawab Unit KIA/KB dan bidan-bidan Puskesmas Sedayu II. Acara dimulai pukul 13.00 dengan berdoa bersama. Setelah itu, dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh ibu Kepala Puskesmas Sedayu II, drg.Elmi Yudihapsari, MPH.

Dalam sambutannya bu Yudi mengucapkan terimakasih atas kehadiran peserta rapat. Bu Yudi juga berharap dengan adanya rapat ini dapat menemukan solusi dari setiap permasalahan KB yang ada di wilayah kerja Puskesmas Sedayu II. Dengan adanya program PISPK yang dari 12 indikator ada 2 indikator tentang KB maka diharapkan dapat mengoptimalkan indikator tersebut saat terjun di keluarga. Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan hasil pencapaian KB selama tahun 2017 oleh Ibu Sarjilah selaku PLKB dari Kecamatan Sedayu. Ibu Sarjilah memaparkan bahwasanya target KB yang tercapai di tahun 2017 baru 66,25% yang tentunya masih jauh dari target pencapaian.

Setelah dilakukan diskusi bersama banyak faktor yang menyebabkan rendahnya pencapaian KB diantaranya adalah dukungan suami, malu jika KB dan tidak mengetahui kalau dirinya sudah ber-KB. Maka dari itu disepakatilah beberapa rencana tindak lanjut yaitu:
1. Petugas PLKB beserta kader dan petugas puskesmas akan mendatangi secara langsung PUS yang belum ber-KB. Sebelum mendatangi PUS tentunya harus dilakukan pendataan terlebih dahulu agar tepat sasaran. Rencana terjun dibersamakan saat PIS-PK maupun saat menjalankan program kerja KIA/KB yang salah satunya memang melakukan kunjugan terhadap pasangan usia subur yang belum ber-KB.
2. Motivasi kepada PUS agar ber-KB pada ibu hamil trimester III (usia kehamilan 28 minggu ke atas) atau 40 hari pasca persalinan atau 21 hari pasca keguguran.
3. Pembuatan leaflet KB di Puskesmas Sedayu II
Dengan adanya resolusi KB di tahun 2018 ini diharapkan semua pihak dapat bekerjasama dengan baik. Acara ditutup pukul 14.30 dengan doa bersama.(Natya)
[13:16, 1/4/2018] YOYOK PRASETYO: #kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #trikomponen #kb #kader #kia #sedayu #kemenkesri #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: