Jumat, 5 Januari 2018 Puskesmas Sedayu II dilaksanakan kegiatan rutin PROLANIS di Jumat pertama setiap bulan di Hall Puskesmas.

Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) adalah sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan, dan BPJS Kesehatan dalam rangka memelihara kesehatan peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis, sehingga dapat mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan efektif dan efisien.
Acara diawali dengan  senam rutin setiap bulan Jumat pertama di halaman Puskesmas Sedayu II. Senam diikuti oleh 55 peserta Prolanis, karyawan dan mahasiswa praktik.


Acara resminya dibuka secara formal oleh dr.Yayuk.
Beliau mengatakan akan ada materi penyuluhan dariahasiswa KKN Kebidanan Almaata. dr.Yayuk mengklarifikasi adanya usulan dari para peserta prolanis untuk mengadakan Refreshimg bersama. Hal ini akan didiskusikan oleh tim prolanis Puskesmas Sedayu II dengan pengurus paguyuban prolanis.

 

Mahasiswa Program Pendidikan Kebidanan Komunitas (PPKK) atau lebih dikenal KKN Kebidanan memberikan materi penyuluhan MENOPAUSE.
Menopause adalah sebuah kondisi normal yang akan dialami oleh semua wanita sejalan dengan bertambahnya usia, dan bukanlah suatu penyakit atau gangguan medis. Menopause didefinisikan sebagai keadaan tidak adanya periode menstruasi selama 12 bulan.
Dalam kata lain, menopause merupakan masa sesaat sebelum berhentinya periode menstruasi hingga sesaat setelah periode menstruasi berakhir. Namun secara umum menopause dapat dikatakan sebagai berakhirnya siklus menstruasi pada wanita.

Penyuluhan selesai diteruskan Promkes Puskesmas Sedayu II mengajak peserta prolanis menyuarakan statemen Prolanis Sehat Sedayu.

Campaign Prolanis adalah sbb :
“PROLANIS PATUH PRILANIS SEHAT,
BANTUL CINTA SEHAT BANTULKU HEBAT,
SEDAYU SEHAT UNTUK INDONESIA”

Selesai rangkaian acara tersebut, para peserta prolanis dipanggil satu persatu untuk pendaftaran ya ng dipandu oleh petugas bapak Basir.

Tahap kedua Peserta Prolanis dilakukan pemeriksaan tensi oleh KKN Kebidanan AmaAta yang didampingi dr.Yayuk.

Tahap ketiga peserta prolanis mendapat pelayanan pemeriksaan laboratorium yang laksanakan oleh ibu Anisah Khoiriyah, ibu Maryani dan mahasiswa KKN Kebidanan AlmaAta serta sekaligus pemeriksaan kesehatan oleh dr.Yayuk.

Tahap terakhir adalah Pelayanan obat oleh bapak Parjono dan 2 mahasiswa KKN Kebidanan AlmaAta.(yoyok)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #germas #germassedayudua #sedayucity #aktivitasfisik #sedayu #kesorga #kesehatanolahraga #kesorgasedayudua #ptm #penyakittidakmenular #pemassalanolahragakabupatenbantul2017 #prolanis #kemenkesri #kemenkes #kknalmaata

 

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: