Pertemuan Tim UKM Puskesmas Sedayu II pada hari Senin, 8 Januari 2018, bertempat di Aula Puskesmas dengan semua programmer yang dipimpin oleh ketua UKM ibu Nanik Tejowati.

Petemuan ini dihadiri oleh Kepala Puskesmas Sedayu II ibu drg.Elmi Yudihapsari,MPH. Acara ini dilaksanakan untuk membahas agenda dan teknis kegiatan di luar gedung selama tahun 2018. Petemuan yang dilatarbelakangi agar kegiatan selama tahun ini bisa merata di setiap bulannya, tidak terkonsentrasi di beberapa bulan saja. Apalagi ada tidak sedikit program program Nasional yang harus dilaksanakan di bulan tertentu, yang seyogyanya tidak dibarengi dengan kegiatan lain.
Manajemen sebaran kegiatan akan diupayakan untuk lebih berimbang di setiap bulan. Selain itu, kegiatan yang berkaitan dengan UKBM atau Posyandu yang disasar bisa lebih maksimal dalam program tertentu tersebut. Dan lebih nyata lagi Posyadu bisa mendapat kunjungan dari petugas di setiap bulannya.
Peetemuan hari ini, dibuka oleh ibu Nanik Tejowati sebagai ketua UKM. Beliau memaparkan sebab yang melatarbelakangi acara hari ini, seperti tersebut di atas.

Ibu Nanik meminta teman teman programmer untuk mengungkapkan agenda kegiatan masing masing, terutama di Posyandu. Nantinya dari beberapa input kegiatan programmer akan dipetakan kegiatan mana saja yang bisa digabung, mana yang tidak. Walau dari ckelist kegiatan dari bendahara BOK kepada para programmer sudah bisa menggambarkan plot waktu yang mereka centang. Lebih dari itu, ibu Nanik menginginkan hari ini ada kesepakatan  para programmer.  Kegiatan dengan sasaran di Posyandu adalah : Bulan Vitamin A, PSG, SDIDTK Posyandu, CTPS, Distribusi obat kecacingan, Pendataan posyandu, APUSE(Ayo Ke Posyandu Sehatkan Anak), puskesmas keliling.
Ibu Nurfarida selaku programmer UKK memberikan teknis pelaksanaan kegiatannya yang disertakan dengan jadwal puskesmas keliling.

Promkes Puskesmas bapak Yoyok Prasetyo mengusulalkan untuk dipetakan dulu program Nasional yang sudah tertentukan bulannya dengan program yang bisa lentur pelaksanaannya.
Ibu Kepala Puskesmas Ibu drg.Yudi mempersilahkan ibu bapak programmer untuk membahas lanjut secara detainya kegiatan kegiatan tersebut. Yang lalu lalu kegiatan dikonsentrasikan di bulan bulan tertentu memang dimaksudkan untuk lebih praktis dan efisien. Sehingga di bulan bulan lain petugas agak lebih lega dalam melaksanakan programmnya. Namun demikian beliau dengan bijaksana untuk monggo bapak ibu programmer mengaturnya, dimana tujuannya juga baik.

Ibu Endar sebagai Koordinator KIA sudah mempunyai agenda kegiatan SDIDTK Posyandu dalam setahun. Beliau menyusun jadwal di bluar bulan bulan yang sudah dijadwal program Nasional seperti bulan Vitamin A dan PSG. Beliau juga meminta promles untuk membuatkan jadwal sesuai jadwal pelaksanaan Posyandu Balita setiap bulannya.
Hari ini disepakati akan dibuat Matriks sebaran kegiatan selama setahun. Dan untuk itu akan dibentuk Tim kecil UKM. Ibu Nanik mengusulkan untuk menunjuk 1 orang yang akan membuat Matriks kegiatan tersebut.
Dari semua diskusi hari ini adalah dimaksudkan untuk tujuan peningkatan pelayanan Puskesmas Sedayu II kepada Masyarakat.

Pokok bahasan kedua yang dibahas hari ini adalah mengenai PISPK. Ibu Anik selaku petugas yang ditunjuk sebagai koordinator PISPK akan segera melaksanakan tahap tahap pelaksanaan PISPK. Dalam waktu dekat akan dilaksanakan sosialisasi dan pelatihan kepada petugas PISPK yang akan dibentuk sebagai Tim PISPK Puskesmas Sedayu II. Hal ini diperkuat pula oleh ibu Yudi, dengan harapan akhir bulan Januari 2018 ini segera bisa dilaksanakan.
Bapak Basir progrmmer P2 HIV Aids memberikan ibformasi tentang
Pelaporan HIV yang diperiksa pasien yg dilaporkan sesuai dengan SIHA (Sistem Informas HIV Aids).
ibu Kepala ibu Yudi menambahkan informasi bahwa BPJS Ada penonaktifan otomatis by system peserta KIS APBN (BPJS) bagi yang usia 80 tahun ke atas.
Maka bagi yang usia lewat 80 tahun agar lapor ke BPJS setempat untuk aktivasi dengan menunjukkan masih HIDUP. (misalnya datang sendiri, atau menunjukkan KK dan KTP oleh salah satu keluarganya).
ibu kepala menginstruksikan untuk disampaikan kepada kader kader dan masyarakat.
Pertemuan ditutup pada jam 14.30 wib.(yoyok)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #ukm #upayakesehatanmasyarakat #kemenkesri #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: