Rabu, 10 Januari 2018 di halaman Masjid Al Aulia Dingkikan dilaksanakan Deklarasi Dusun Siaga Dingkikan oleh KKN Kebidanan AlmaAta bekerjasama dengan Puskesmas Sedayu II.

Acara dihari Camat Sedayu bapak Fauzan Mu’arifin, Danramil Sedayu bapak Kusmin, PS Panit Pinmas Polsek Sedayu bapak Aiptu Alip Subana dan bhabinkamtibmas Desa Argodadi bapak Aiptu Bariyadi, dari kecamatan bapak Sumardi, dari Desa Argodadi Lurah Desa bapak Prayitno dan Kasie Agama dan Kesra bapak Legiman, Puskesmas Sedayu II ibu dr.Sri Rahayu, Promkes Puskesmas bapak Yoyok Prasetyo, Bidan Desa Argodadi ibu Mangesti Handayani beserta tim Puskesmas Keliling, Dosen Universitas Almaata ibu Susiana Sariyati dan ibu Fatimatasari, PLKB Desa Argorejo ibu Sarjilah dan PLKB Desa Argodadi ibu Daryati, Dukuh Dingkikan Drs.Asmuni dan para tokoh masyarakat Dingkikan, Ibu PKK dan Kader Posyandu Dingkikan, serta Karang Taruna Dingkikan Mas Wahyu dan Mas Irham dkk.


Acara dimulai jam 10.00 wib dipandu oleh Pembawa acara dari KKN Kebidanan Almaata. Pembawa Acara mengucapkan selamat datang kepada para tamu undangan dan warga yang hadir.

Sambutan pertama Lurah Desa Argodadi bapak Prayitno. Beliau mengatakan Dusun siaga dibutuhkan oleh sebuah Desa atau Dusun untuk mempersiapkan ketika ada masalh darurat keshatan dan siaga bencana. Kegiatan yang dipelopori mahasiswa KKN Kebidanan Almaata yang sedang praktik komunitas di dusun Dingkikan dengan pendampingan dan bimbingan dari Tim Desa Siaga dan Pronkes Puskesmas Sedayu II dibentuk dengan maksud sebagai pwnguatan kepada Dusun Dingkikan sebagai Kampung KB. Bapak Prayitno menambahakan bahwa Icon Dusun Siaga adalah Darurat Kesehatan dan Tanggap Bencana. Tanggap Bencana ini sesuai dengan predikat Desa Argodadi yang sudah ditetapkan oleh Dinas Sosial DIY. Implementasi dari tanggap Bencana adalah adanya pemasangan jalur jalur evakuasi dan titik kumpul di wilayah dusun siaga Dingkikan.
Sambutan kedua oleh dosen D3 Kebidanan ibu Susiana Sariyati. Beliau memberikan apresiasi yang tinggi kepada acara Deklarasi Dusun Siaga ini. Terimakasih kepada Puskesmas Sedyau II yang memberikan bimbingan dan dampingan. Beliau merasa bangga kepada mahasiswa kebidanan almaata yang sedang melaksanakan Program Pendidikan Kebidanan Komunitas di dusun Dingkikan ini, bisa melaksanakan capaian acara hari ini dimana Dusun Siaga terbentuk. Menambahi apa yang disampaikan Lurah Desa Argodadi bapak Prayitno, bahwa untuk mewujudkan Darurat kesehatan pada Dusun Siaga dengan mendata Golongan Darah Penduduk maka mahaaiswa KKN bekerja sama dengan Puskesmas Sedayu sudah melaksanakan Pemeriksaan Golongan Darah sehingga 153 warga sudah diketahui Golongan Darahnya.

Sambutan ketiga ibu dr.Sri Rahayu mewakili Puskesmas Sedayu II.Beliau meminta maaf krn ibu kepala ada rapat di kabupaten.
Beliau mengapresiasi acara ini. Beliau berharap dusun siaga ini akan terus dijalankan. Dan Puskesmas Sedayu II akan terus memberikan pendampingan. Ibu dr.Yayuk menambahkan mengenai Darurat Kesehatan, bahwa nantinya juga akan ada Data Ambukan Dusun untuk Dingkikan, dimana warga yang mempunya mobil mau merelakan mobilnya digunakam warga yang lain ketika ada kondisi darurat membutuhkan untuk segera dibawa ke Rumah Sakit. Juga manfaat adanya Data Golongan Darah penduduk sangat membantu ketika ada warga lain yang membutuhkan donor darah.
beliau menjelaskan semboyan Dingkikan BERIMAN.
1. Bersama budidaya tanaman obat keluarga (TOGA)
2. Enyahkan rokok jadikan kawasan bebas asap rokok
3. Rajin makan buah dan sayur dengan inovasi GEMILANG
4. Ikut serta dalam posdus posyandu balita, remaja dan lansia
5. Meningkatkan angka cakupan KIA dan KB
6. Anjurkan tanggap bencana dan darurat kesehatan
7. Normatif, agamis dan dinamis.

Sambutan Camat Sedayu Bapak Fauzan Mu’arifin.
Beliau mengapresiasi kepada Dingkikan, Almaata, Puskesmas Sedayu II, Desa yang bisa mewujudkan Dusun Siaga. Beliau berharap untuk Pokja pokja dalam Dusun Siaga bisa dijalankan.
Adanya pendataan Golongan darah penduduk untuk mendukung Darurat Kesehatan akan lebih banyak bisa membantu warga lain yang membutuhkan.
Bapak Camat menyatakan bahwa ini akan lebih baik jika didukung dengan IT. Ke depan Akan dibentuk juga Data Base tingkat dusun. Database ini lah yang akan memuat semua data penduduk , termasuk Golongan darah penduduk.
Beliau juga mengapresiasi Program Inovasi KAMELIA Kader melek internet Argoreji aegodadi milik Puakesmas Swdayu II dan Kecamatan punya PAMELA. Pamela adalah pamong melek internet. Ke depan awmoga Dusun Siaga ini akan makin bisa direalisasikan.

Acara selanjutnya adalah Pembacaan Naskah Deklarasi Dusun Dingkikan sebagai Dusun Siaga DINGKIKAN BERIMAN yang dipimpin oleh Dukuh Dingkikan Bapak Drs.Asmuni diikuti oleh warga dan peserta yang hadir.

Dilanjutkan kemudian oleh Camat Sedayu Bapak Fauzan Mu’arifin memimpin Pengukuhan Dusun Siaga DINGKIKAN BERIMAN dan kepengurusan Dusun Siaga tahun 2018 – 2021.


Dan diteruskan dengan statemen sebagai langkah Campaign dusun Dingkikan Gemar Makan Sayur dan Buah dengan simbolisasi makan buah bersama dipimpin oleh Camat Sedayu Bapak Fauzan mu’arifin.

Kemudian sesi penandatanganan Naskah Deklarasi dan Surat Keputusan Dusun Siaga dan SK Kepengurusan Dusun Siaga.

Sesi terakhir dari acara deklarasi ini ditutup dengan Doa.
Acara formal telah selasai, namun kegaiatan rangkaian masih berjalan yaitu Posyandu Lansia dan Posyandu Balita dan Pemeriksaan Golongan Darah oleh Puskesmas sedayu II.(yoyok)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #dusunsiaga #jalurevakuasi #titikkumpul #pemberdayaanmasyarakat #ukbm #desasiaga #ppkkalmaata #kknkebidananalmaata #praktikkomunitas #sedayu #kemenkesri #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: