Sabtu, 13 Januari 2018 jam 20.00 wib di halaman rumah Dukuh Ngepek bapak Teguh Suryanto telah dilaksanakan Deklarasi Duaun Siaga NGEPEK ‘GERBANGMAS’ dan Pengukuhan Pengurus Dusun Siaga oleh Camat Sedayu Bapak Fauzan Mu’arifin.

Acara ini diselenggarakan KKN Kebidanan Almaata bekerjasama dengan Puskesmas Sedayu II dan Dusun Ngepek.
Acara dihadiri oleh Camat Sedayu, Danramil Sedatu bapak Kusmin, Bhabinsa Desa Argodadi bapak Aiptu Bariyadi, Ibu Kapala Puskesmas Sedayu II ibu drg.Elmi Yudhihapsari,MPH dan Bidan Desa Argorejo saudari Natya Ayu Pramudita, Dosen D3 Kebidanan Almaata ibu Febrina Suciati, Lurah Desa Argodadi, PKK, Kader, Karang Taruna Ngepek, Tokoh masyarakat Desa Argodadi dan Dusun Ngepek.


Sambutan pertama Dukuh Ngepek bapak Teguh Suryanto mengucapkan terimakasih kepada pihak pihak yang ikut andil serta masyarakat yang telah bersedia ikut membangun dusun siaga dan bersyukur bahwa Ngepek telah menjadi dusun siaga. Beliau juga menguraikan makna dari semboyan Dusun Siaga NGEPEK GERBANGMAS :


G: gerakan makan buah dan sayur
E: enyahkan asap rokok dengan kawasan sehat bebas asap rokok
R: rajin ke posyandu balita dan lansia
B: bersih dari sampah dan stop BABS
A: atasi infeksi dengan CTPS dan hindari PTM
N: nyaman dan sehat tanpa jentik nyamuk
G: gemar makan ikan lengkapi gizi seimbang
M: mari ber Kb dan sayangi ibu hamil
A: atasi anemia siapkan generasi
S: siaga tanggap bencana darurat kesehatan.
Sambutan kedua Lurah Desa Argodadi bapak Prayitno. Beliau menekankan setidaknya tidak merokok di dalam rumah dan memberi selamat serta mengatakan supaya dusun Ngepek semakin maju dan ikut sadar akan kesiap siagaan masyarakat.
Sambutan ketiga Camat Sedayu bapak Fauzan Mu’arifin dimana beliau menceritakan pengalamannya pernah merokok, tetapi sudah berhenti.
Dan menganjurkan masyarakat untuk setidaknya mengurangi rokok. Dan mengucapkan selamat.
Beliau juga mengatakan supaya Ngepek selalu bersama-sama ikut membangun dusun siaga ini dengan baik agar masyarakat sadar dan siap siaga ketika ada masalah kesehatan di dusun Ngepek ini.
Bapak Camat Sedayu sekaligus mendeklarasikan dan pengukuhan Kepengurusan Dusun Siaga NGEPEK GERBANGMAS.


Sambutan keempat Ibu febrina,dosen pembimbing lapangan mengatakan terimakasih kepada dusun Ngepek yang telah menerima mahasiswa selama 4 minggu lamanya dan memberikan izin untuk mahasiswa menerapkan ilmu yang ada di kampus ke dusun ngepek ini, dan meminta maaf jika ada kesalahan, serta penarikan mahasiswa kebidanan universitas alma ata.
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #kknalmaata #praktikkomunitasalmaata #ppkk #ppkkalmaata #kknkebidanan #sedayu #kemenkesri #kemenkes #dusunsiaga #desasiaga

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: