Selasa, 16 Januari 2018 di Hall Puskesmas Sedayu II dilaksanakan kegiatan sosialisasi PISPK kepada karyawan Puskesmas oleh Kepala Puskesmas ibu drg.Elmi Yudihapsari dan Koordinator PISPK Puskesmas ibu Rohani Widiyanti.
Acara dibuka oleh Kepala Puskesmas Sedayu II ibu drg.Elmi Yudihapsari. Beliau mengawalinya dengan mengkoordinasikan rencana jadwal pelaksanaan PISPK. Rencana pelaksanaan dibagi menjadi 6 kelompok disesuaikan dengan jumlah hari kerja dengan asumsi bahwa setiap hari ada 1 kelompok yang melaksanakan pendataan PISPK. Satu kelompok terdiri dari 7 anggota. Ada 12 Admin yang dalam setiap kelompok dibagi rata 2 admin dalam 1 kelompok. Dua belas admin ini yang nantinya didaftarkan ke PISPK Pusat. Ibu Kepala membuka forum untuk didiskusikan dalam pelaksanaan pembagian waktu dan kelompok. Ada beberapa masukan yang menjadikan Jadwal makin mendekati kesepakatan bersama. Dan diambil kesimpulan untuk melaksanakan aja dulu apa yang menjadi kesepakatan bersama untuk kemudian jika terjadi beberapa hambatan akan dilakukan penyesuaian jadwal kembali.

Acara kedua adalah Materi sosialisasi PISPK yang disampaikan oleh Koordinator Pispk Puskesmas Sedayu II, ibu Rohani Widiyanti.
PROGRAM INDONESIA SEHAT DENGAN PENDEKATAN KELUARGA adalah salah satu program pemerintah untuk melaksanakan program pembangunan kesehatan berdasarkan NAWACITA untuk meningkatkan kualitas hidup manusia sesuai dengan paradigma sehat dan paradigma sakit yang merupakan upaya promotif dan preventif.

Pendekatan Keluarga sendiri merupakan cara Puskesmas untuk meningkatkan jangkauan sasaran dan meningkatkan akses pelayanan kesehatan dengan cara mendatangi keluarga, Puskesmas diharuskan memiliki database kesehatan seluruh warga di wilayah kerjanya. Dalam PISPK yang terdapat 12 indikator yg terdapat dalam SPM yaitu :
A. Gizi, Kesehatan Ibu dan Anak
1. Keluarga mengikuti KB
2. Ibu bersalun di Fasilitas Kesehatan
3. Bayi mendapat Imunikasi dasar lengkap
4. Bagi dengan ASI eklusif
5. Pengukuran Tumbuh Kembang Balita
B. PTM (Penyakit Tidak Menular)
6. Penderita TB berobat Sesuai Standar
7. Penderita HT berobat teratur
8. Penderita Jiwa tidak di Telantarkan
C. PROMKES dan KESLING
9. Tidak Merokok
10. Terdapat Akses Air Bersih
11. Terdapat Akses / menggunakan jamban sehat
12. Sekeluarga menggunakan JKN
Pendataan PISPK akan di mulai dari RT yang lebih kecil, diharapkan 1 tim dapat mendata 10-15 rumah, bagi anak yg berusia di bawah 15 th dapat diwakilkan oleh orangtuanya. Diharapkan bagi KK yg akan dikunjungi dapat menyediakan kartu KK, KTP, Kartu KB, Buku KIA dan JKN.(puspita/yoyok)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #pispk #programindonesiasehatdenganpendekatankeluarga #updateknowledge #sosialisasipispk #kemenkesri #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: