Rabu Pintar, 17 Januari 2018 telah dilaksanakan kegiatan Update Knowledge edisi Januari Rabu ketiga dengan materi Rekam Medis dan Pemahaman PISPK(lanjutan).

Acara dipandu oleh ibu Sartinah, dibuka dengan doa pembukaan. Sebelum acara dimulai ibu Sartinah mengajak para karyawan untuk permaianan sejenak. Kwmudia ibu Sartinah menyerahkan kepada pemateri pertama ibu Laila.


Materi 1 tentang pengelolaan Rekam Medis di Puskesmas, disampaikan oleh Laila, petugas RM Puskesmas Sedayu II.
Laila menyampaikan pengertian Rekam Medis yaitu berkas berisi catatan dan dokumen mencakup identitas pasien, hasil pemeriksaan dan pengobatan atau tindakan yg sudah dilakukan. Sistem pengeloaan RM utk puskesmas paling tepat family folder (1 map utk 1 keluarga), karena fungsi pkms selain UKP adalah UKM. Namun saat ini masih personal number. Permasalahan lain yang dijumpai di puskesmas sedayu II adalah belum menggunakan tracer untuk membantu kendali RM yang keluar.

Sistem penjajaran RM untuk kondisi ruangan saat ini paling cocok dg sistem penomoran langsung seperti saat ini, hanya perlu merapikan tata letaknya. Pemusnahan RM di Kabupaten Bantul masih belum ada kesepakatan bagaimana pelaksanaannya. Namun beberapa puskesmas sdh melakukan retensi hanya blm dimusnahkan. Retensi RM puskesmas bisa dilakukan bagi pasien yg sekurang2nya sudah 2 tahun tidak berkunjung ke puskesmas.


Sebelum lanjut materi kedua, karyawan diajak untuk peregangan dengan chicken dance dipandu oleh Awwa.
Materi kedua tentang Pemahaman PIS PK (lanjutan) oleh Bidan Rohani. Rohani memberikan penjelasan indikator prokesda tentang Gizi yang meliputi ASI ekslusif pada balita usia 7 – 23 bulan dan pemantauan pertumbuhan balita umur 2-59 bulan. Selanjutnya, penjelasan indikator prokesda tentang Tuberkulosis. Anggota keluarga yg berumur > 15 tahun ditanya apakah pernah terdiagnosis TB dan apakah minum obat teratur. Bagi yg tidak terdiagnosis TB, dilakukan skreening gejala TB sekaligus untuk penjaringan suspek TB. Disampaikan juga tentang Pencegahan TB dan etika batuk.
Acara selesai pukul 15.00 WIB, ditutup dengan doa penutup.(sita)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #rabupintar #updateknowledge #alihinformasi #rapi #sedayu #kemenkesri #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: