Senin, 22 Januari 2018 jam 09.30 wib Tim UKM Puskesmas Sedayu II melaksanakan kegiatan rutin pembinaan Kader UPGK Desa Argodadi bertempat di Aula Desa Argodadi Sedayu.

Tim UKM Puskesmas Sedayu II memberikan pembinaan PISPK, Lansia, Promkes, Program Inovasi APUSE, Dusun Siaga, dan Gizi dengan petugas Ibu Rhani Widiyanti sebagai Koordinator PISPK, bapak Yoyok Prasetyo selaku promkes, ibu Maryani selaku programmer Lansia dan ibu Nanik Tejowati sebagai Nutritionist.

Acara dibuka oleh ibu Kader Bakal Dukuh yang pada hari ini tugas sebagai penyelenggara pertemuan UPGK. Sambutan pertama oleh ibu Herni selaku ketua penggerak PKK Desa Argodadi.
Acara dilanjut dengan Pembinaan pertama oleh ibu Rohani Widiyanti mengenai Sosialisasi PISPK.  PisPK tahun ini dilaksanakan di Desa Argorejo dahulu. Sementara Desa Argodadi dilaksanakan tahun 2019. Ada masukan dari para kader, yakni HArus ada surat pemberitahuan kepada RT, Dukuh dan Desa. Petugas harus disertai surat tugas by name. Adanya pendamping petugas dari unsur RT, Kader atau Karang Taruna. Dan tentunya harus ada sosialisasi puskesmas kepada masyarakat.
Selain dari pada itu Kader mengusulkan dilaksanakannya Puskesmas menyelenggarakan Bedah Buku KIA untuk kader.

Pembinaan kedua oleh programmer Lansia ibu Maryani. Beliau memberikan semangat kepada ibu ibu kader untuk selalu melaporkan semua kegiatan berkaitan Lansia termasuk olahraga atau senam lansia. Hal administrasi Posyandu lansia, ibu Maryani akan memberikan pembinaan langsung dengan mendatangi posyandu lansia baru.

Pembinaan ketiga oleh bapak Yoyok Prasetyo yang membuka materi dengan Konsep Dusun Siaga, dimana diharapkan semua dusun dusun di wilayah Desa Argodadi bisa me njadi Dusun Siaga. Semua Dusun menjadi Dusun Siaga maka otomatis Desa Argodadi menjadi Desa Siaga. Bapak Yoyok juga mengharapkan dalam waktu dekat ada konsolidasi pengurus Forkesdes (Desa Siaga).
Dusun Siaga lebih di titik beratkan kepada Darurat Kesehatan dan Siaga Bencana. Darurat Kesehatan dengan mewujudkan adanya Data Golonga Darah Penduduk serta ambulan dusun. Sedangkan diwujudkan Peta Jalur Evakuasi dan Titik Kumpul untuk menyiapkan Siaga Bencana.
Bapak yoyok mereview pelaksanaan program APUSE, ayo ke Posyandu sehatkan anak. Beliau berharap ibu obu kader tetap bersemangat untuk mensukseskan Campaign APUSE. Unutk bulan ini Posyandu Anggur Brongkol dengan capaian D/S tertinggi 100% dengan disertai kelengkapan dokumen penilaian yang lain. Posyandu JAMBU Sungapan Dukuh dengan Penyuluhan terbaik yag tentunya dengan disertai kelengkapan dokumen penilaian yang lain.

Kemudian bapak yoyok mengemukakan untuk program APUSE bulan Februari 2018 untuk menilai 3 kegiatan, D/S , Video penyuluhan dan Foto Sistem 5 Meja. Akan ada 3 reward yang akan diberikan kepada Posyandu yang terbaik.
Bersamaan dengan itu bapak Yoyok juga akan menilai kegiatan kesehatan olahraga kepada Dusun dusun yang menyelenggarakan kegiatan Senam. Penilaian berkisar : video 1 menit senam /olahraga, foto foto senam/olahraga, dan Jumlah peserta terbanyak dengan dibuktikan dengan video senam atau statemen senam sehari dan yang  terbaik akan ada reward juga.

Pembinaan keempat oleh ibu Nanik Tejowati mengenai Distribusi Vitamin A, dimana seperti rutin dilaksanakan pada bulan Februari sebagai Bulan Vitamin A.
Acara berakhir pada jam 12.00 wib.(yoyok)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayuii #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #sedayucity #kader #kaderargodadi #upgk #upgkargodadi #kemenkesri #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: