Selasa, 23 Januari 2018 jam 11.45 wib Tim Promkes Puskesmas Sedayu II memberikan bimbingam dan teknis kepada Mahasiawa KKN Kesehatan Almaata di ruang KIA Puskesmas.


Bimtek ini dilaksanakan untuk memberikan bimbingan dan arahan kepada mahasiswa kesehatan yang KKN/praktik komunitas di wilayah kerja Puskesmas Sedayu II.Tim Promkes adalah Programmer Promkes bapak Yoyok Prasetyo dan Pelaksana Promkes ibu Wahyu Surya Rhomawati.
Mahasiswa yang berkonsultasi adalah Ari Sapto Legono dan Miadip darinkelompok KKN di Gunungpolo Argorejo Sedayu.

 

Bapak Yoyok memberikan bimbingan mengenai konsep Dusun Siaga berkaitan dengan kelengkapan Dokumen dokumen Dusun Siaga, Struktur Organisasi dan Semboyan Gunungpolo.Ada perubahan struktue Organisasi Dusun Siaga, karena menyesuaikan dengan Semboyan Gunungpolo ‘FLAMBOYAN’ dimana konsep Dusun Siaga kali ini mengaakomodir potenai dinluar kesehatan. Maka Pokja pokja yang ada juga menyesuaikan dengan keberlangsungan organisasi Dusun siaga.
Adapaun Semboyan Flamboyan adalah :
Fungsikan ronda amankan kampung
Lakukan aktivitas fisik rutin dan olahraga
Atasi infeksi dengan CTPS dan PTM dengan Cek kesehatan rutin
Manfaatkan pekarangan terpadu
Budaya makan sayur dan buah
Optimalisasi forum musyawarah dusun dan gotong royong
Yuk buang sampah pada tempatnya, enyahkan asap rokok dan stop BABS
Aksi Siaga Bencana dan Darurat kesehatan
Nyatakan tidak kepada Narkoba dan miras.

Revisi yang diberikan akan ditindaklanjuti oleh ibu Awwa/Wahyu, karena otomatis akan ada perubaham redaksi dokumen SK dan Naskah Deklarasi.
Kelengkapan Dokumen akan diperiksa lebih detail oleh Ibu Awwa. Dokumen berkaitan dengan profil dusun, buku dusun siaga, dan laporan mahasiswa. Buku dusun siaga dan profil dusun diharapkan mampu memotret keadaan dusun. Hal tersebut selanjutnya bisa dijadikan dasar pengajuan proposal dan panduan progrm lintas sektor lainnya untuk memajukan dusun.(yoyok/awwa)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #bimtek #dusunsiaga #desasiaga #kknkesehatanalmaata #kkn #kknalmaata #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: