Rabu, 24 Januari 2018 jam 08.15 wib dilaksanakan kegiatan Pembinaan Dokter Kecil di SD Sungapan Argodadi Sedayu dalam persiapan menghadapi Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Nasional.

Acara dimulai jam 8.15 dibuka oleh programmer UKS Puskesmas Sedayu II ibu Harjilah. Materi hari ini ada 3 pokok bahasan program yakni Napza, Gizi dan Pemberantasan Penyakit Menular (P2M).
Materi pertama tentang Nafza yang disampaikan oleh programmer Napza ibu dr.Sri Rahayu. NAPZA adalah kepanjangan dari Narkotika, Alkohol , Psikotropika dan Zat adiktif lain. Istilah ini lazimnya di lingkungan masyarakat disebut NARKOBA (narkotika dan Bahan / Obat berbahaya).NAPZA merupakan akronim dari Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya yang merupakan jenis obat-obatan yang dapat mempengaruhi gangguan kesehatan dan kejiwaan. Peserta Dokcil dikena;kan kepada pengertian dan jenis jenis Napza.

Materi kedua tentang Gizi disampaikan oleh programmer Gizi/Nutritionist Puskes Sedayu II ibu Nanik Tejowati.
Nutrisi atau gizi adalah substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan.
ibu Nanik mengenalkan peserta dokter kecil dengan 2 sub pokok bahasan yaitu IMT dan Triguna makanan.

Indeks Massa Tubuh (Body Mass Index) merupakan suatu pengukuran yang menghubungkan (membandingkan) berat badan dengan tinggi badan.

Walaupun dinamakan “indeks”, IMT sebenarnya adalah rasio atau nisbah yang dinyatakan sebagai berat badan (dalam kilogram) dibagi dengan kuadrat tinggi badan (dalam meter). Rumus penghitungan Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT) adalah:

BMI = Weight / (Height)2

Keterangan :
BMI (Body mass index)              : Indeks Massa Tubuh (kg.m-2)
Weight                                                : Berat badan (kg)
Height                                                 : Tinggi badan (m)

Tri Guna Makanan merupakan Zat – zat gizi yang diperlukan tubuh dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok yaitu zat tenaga (Karbohidrat), zat pembangun(Protein), dan zat pengatur(Vitamin dan Mineral).

Materi ketiga tentang P2M oleh dr.Kriessita. Ruang Lingkup Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit: Imunisasi,Surveilans epidemiologi,TBC,Malaria,Kusta,DBD,Penanggulangan KLB,ISPA/Pnemonia,Filariasis,AFP,Diare,Rabies/Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR),Kesehatan Matra (Haji dan P. Bencana),Frambusia,Leptospirosis,HIV/AIDS

Acara selesai jam 12.30.(harjilah/yoyok)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #uks @pembinaandokterkecil @dokterkecil #kemenkesri #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: