Kamis, 25 Januari 2018 jam 08.30 wib telah dilaksanakan Pembinaan dokcil hari ke 3 di SD Sungapan dengan materi Imunisasi, Indra penglihatan dan indra pendengaran, dan Kesehatan gigi.

Acara dimulai jam 8.30 materi pertama Imunisasi disampaikan oleh bu Rohani Widiyanti tentang macam imunisasi dan Bulan Imunisasi Anak Sekolah(BIAS) dan Jadwal pemberian Imunisasi Sekolah Dasar.

Materi kedua tentang Indra penglihatan dan indra pendengaran oleh ibu Sartinah. Siswa diajari membaca snalen dan kalau 6/6 bisa membaca berarti normal lebih dari 6/6 tidak bisa membaca di rujuk ke Puskesmas. Ibu Sartinah juga memberikan Cara menjaga kesehatan Mata,Jarak mata dengan buku saat membaca 30- 40 cm,Pencahayaan saat membaca sebaiknya tidak dari depan atau langsung ke obyek,Hindari menonton TV terlalu dekat atau sambil tiduran,Istirahatkan mata setiap 2 jam,Jangan melihat matahari langsung,Jangan menggunakan handuk atau sapu tangan orang lain yg sdg sakit mata,periksa mata 6 bln sekali.

Dilanjut dengan materi tentang indra pendengaran Tidak kalah pentingnya dengan mata,masalah yang sering dialami telinga: keluar cairan dari telinga(encer,jernih,nanah,darah),Telinga terasa penuh /tersumbat,Rasa sakit ditelinga,Tidak mendengar suara.

Materi ketiga tentang Kesehatan gigi disampaikan oleh drg Maryati dengan menyampaikan materi Pertumbuhan gigi. Gigi pertama atau gigi susu mulai tumbuh 7 bln dan akan lengkap berjumlah 20 pd umur 2 tahun.Gigi tetap pertama tumbuh umur 6 tahun.

Gigi susu umur 6th sampai 12th berguna unt menuntun tumbuh gigi tetap sebelum gigi susu tanggal.Kira2 umur 14th gigi tetap lengkap berjumlah 32 buah (8gigi seri,4taring,8geraham kecil ,12 geraham besar ) untuk gerahan ke 3 bisa tumbuh umur 21 tahun, 2 Gigi berlubang (karies gigi). Penyebab gigi berlubang disebabkan kuman dan sisa makanan menempel lama tidak dibersihkan, 3 cara menyikat gigi yg benar, Sikat gigiteratur dan benar minimal 2x sehari pagi sesudah makan dan malam srbelum tidur) dg pasta gigi yg berfluoride, Sikat gigi setelah makan makanan yg lengket dan manis, Hindari makanan yg terlalu panas atau terlalu dingin, perbanyak makan buah2 yg banyak berair dan berserat.(harjilah)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #uks @pembinaandokterkecil @dokterkecil #kemenkesri #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: