Sabtu, 27 Januari 2018 jam 09.30 wib di Aula Puskesmas Sedayu II telah dilaksanakan kegiatan rutin Klas Ibu yang diaelenggarakan dari Program KIA puskesmas dipandu oleh ibu Rohani Widiyanti dan ibu Natya Ayu Pramudita.

Pada hari ini Kelas ibu dipandu oleh bidan Ibu Rohani Widiyanti dengan dibantu oleh bidan Natya Ayu Pramudita. Klas Ibu adalah kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 4 minggu sampai dengan 36 minggu ( menjelang persalinan ) dengan jumlah peserta maksimal 10 orang.
Kleas Ibu hari ini diisi dengam materi P4K. P4K adalah singkatan dari Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi.
P4K merupakan kegiatan yang di fasilitasi oleh bidan (KIA) Puskesmas Sedayu II dalam rangka meningkatkan peran aktif suami, keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan yang aman dan persiapan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya komplikasi pada saat hamil, bersalin dan nifas, termasuk perencanaan menggunakan metode Keluarga Berencana (KB) pasca persalinan dengan menggunakan stiker P4K sebagai media pencatatan sasaran dalam rangka meningkatkan cakupan dan mutu pelayanan kesehatan bagi ibu dan bayi baru lahir.
P4K menggunakan stiker adalah terobosan percepatan penurunan angka kematian ibu. Stiker P4K berisi data tentang nama ibu hamil, taksiran persalinan, penolong persalinan, tempat persalinan, pendamping persalinan, transportasi yang digunakan dan calon donor darah.
acara berakhir jam 11.30 wib.(yoyok)

#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #klasibu #rangkaibungaemas #kia #ibuhamil #sayangibu #kemenkesri #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: