Jumat, 2 Februari 2018 jam 07.00 wib Puskesmas Sedayu II menggelar kegiatan rutin Prolanis Sedayudua.

Hari ini Peserta Prolanis yang hadir 42 orang.
Acara diawali dengan senam sehat bersama Prolanis dengan dipandu ibu Wahyulianti. Senam juga diikuti karyawan puskesmas.

Usai senam peserta prolanis memasuki hall Puskesmas untuk mengikuti acara Penyuluhan Depresi oleh Coas IKM UMY yang dipandu oleh Pelaksana Promkes Wahyu Surya Rhomawati.

Materi depresi disampaikan pada acara penyuluhan prolanis. Hal tersebut dilatarbelakangi dengan semakin meningkatnya kasus depresi di masyarakat. Bahkan berlanjut menjadi kasus kejiwaan yang serius.
Depresi merupakan hal yang patut diwaspadai.

Ciri depresi diantaranya kehilangan minat, ganguan pola tidur, dan menurunnya konsentrasi. Hal tersebut menyebabkan menurunnya tingkat aktivitas. Lebih parah lagi dijelaskan, depresi menyebabkan penurunan percaya diri. Oleh karena itu, depresi bisa dicegah dengan menjadikan diri realistis dengan keadaan. Selain itu, cara mencegah depresi adalah tidak membanding-bandingkan diri, dalam hal ini adalah bersyukur. Selanjutnya mengontrol emosi terkait rasa marah, mengatur jawdal tidur, pola makan, dan olahraga teratur, serta curhat pada orang yang bisa dipercaya. Selanjutnya, berusaha mendekatkan diri pada Tuhan YME.

Acara dilanjut Pendaftaran peserta prolanis yang hadir oleh bapak ibu Maryani. Pemeriksaan Tensi oleh bapak Basir dan 3 koass IKM. Berikut pemeriksaan laboratorium; khokesterol,gula & asam urat dengan petugas ibu Anisah Khoiri dan Puspita Rizki Yuwono. Kemudian pemeriksaan oleh dr. Kiressita Andiyani dan pengambilan obat dengan petugas bapak Parjono. (Awwa/yoyok)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #prolanis #bpjs #ptm #kemenkesri #kemenkes 

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: