Puskesmas Sedayu II dengan program Puskesmas Keliling melaksanakan pelayanan perkesmas kepada UKK ANGGREK di rumah bapak Mugiyono Brongkol Argodadi Sedayu pada hari Senin,19 Februari 2018 jam 11.30 wib.

Pada hari ini Puskesmas Keliling mengunjungi UKK AGGREK Brongkol Argodadi pada industri Meubel bapak Mugiyono.
Kegiatan ini gabungan antara program Upaya Kesehatan Kerja(UKK) dan Puskesmas Keliling dalam balutan Program Inovasi JASAKES (Pekerja Sadar Kesehatan).
Pekerja yang hadir sejumlah 7 orang. Kader UKK yang hadir ibu Bariyah, Rusmiyati,Wahyuningsih, dan Suparni.

Petugas Puskesmas Keliling yang datang ibu Nurfarida dengan koass UMY.
Pada kesempatan ini Programmet UKK ibu Nurfatida dengan ditemani para Koass UMY memeriksa tempat kerja dan tempat makan para pekerja serta penyerahan masker untuk para pekerja.
Puskesmas Keliling ini memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan kepada para pekerja.

PENYULUHAN DAN PRAKTIK CTPS
Mahasiswa Koass memberikan penyuluhan dan langsung praktik CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) kepada para pekerja.

PENDAFTARAN PEKERJA.
PENIMBANGAN
Pemantauan Pertumbuhan Lansia, dilaksanakan secara berkala setiap bulan, dimana pekerja ditimbang dipantau progress berat badannya.

CEK KESEHATAN
Chek kesehatan rutin dengan mengukur tensi pekerja oleh kader UKK dan Petugas Puskesmas keliling serta koass.
PENCATATAN
Pencatatan hasil penimbangan & hasil tensi pekerja.
PEMERIKSAAN KESEHATAN
Lansia yang periksa 7 orang.

KONTRIBUTOR
Kader UKK ibu Wahyuningsih.

Pos UKK adalah Wadah dari serangkaian upaya pemeliharaan kesehatan pekerja yang terencana, teratur dan berkesinambungan yang diselenggerakan dari oleh dan untuk masyarakat pekerja.
Kader UKK adalah pekerja yang mempunyai
kesadaran dan mau bekerja secara sukarela untuk meningkatkan dan memelihara kesehatan diri sendiri dan kelompoknya agar bekerja dengan aman, sehat dan produktif dalam bekerja.
JASAKES Sebagai upaya mendekatkan layanan kepada pekerja di usaha kecil rumahan, programer UKK menggandeng promkes dan petugas pelayanan mengadakan kembali kegiatan POS UKK di dusun Polaman. JASAKES adalah Pekerja Sadar Kesehatan , dimana para pekerja di usaha rongsokan, yang mempunya potensi masalah kesehatan, memiliki kesadaran akan kesehatannya sendiri.
Puskesmas keliling adalah Unit pelayanan kesehatan keliling yang dilengkapi dengan kendaraan bermotor roda 4 & peralatan kesehatan, peralatan komunikasi serta sejumlah tenaga yang berasal dari Puskesmas. Fungsinya menunjang & membantu melaksanakan kegiatan Puskesmas dalam wilayah kerjanya dengan maksud lebih dekat kepada masyarakat dengan sistem jemput bola.(yoyok)

#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #ukk #jasakes #puskesmaskeliling #sedayu #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: