Jumat, 2 Maret 2018 di Hall Puskesmas Sedayu II dilaksanakan kegiatan rutin Prolanis di Jumat pertama setiap Bulannya.

Kegiatan Prolanis Puskesmas Sedayu II dilaksanakan oleh Tim Prolanis dengan koordinator dr.Kriessita Andiyanti. Peserta prolanis yang hadir sejumlah 47 orang. Pada saat ini petugas dr.Rizqidio Larisso Widyokusumo, Maryani, Anisah Khoiriyah, Basir, Parjono, Wahyu Surya Rhomawati, Yoyok Prasetyo, Andi Yuwono, Prasinto Ramdaniar.
Kegiatan Prolanis hari ini adalah :

SENAM PROLANIS
PENYULUHAN DAN EDUKASI HIDUP SEHAT
PEBDAFTARAN PESERTA PROLANIS
CEK TENSI
PEMERIKSAAN KESEHATAN
PEMERIKSAAN LAB
PENGAMBILAN OBAT

Senam Sehat bugar GERMAS Prolanis dilaksanakan pada jam 07.00 wib dengan instruktur ibu wahyuliyanti. Peserta prolanis mengikuti dengan semangat sehat. Usai Senam para peserta menempati hall Puskesmas Sedayu II. Peserta diajak untuk yel yel prolanis yang dipandu oleh Wahyu Surya Rhomawati : PROLANIS SEHAT BUGAR PRODUKTIF.
Penyuluhan prolanis dengan materi penanganan fisioterapi untuk mengurangi nyeri LBP (Low Back Pain) / sakit boyok.

Poli fisioterapi di puskesmas Sedayu 2 SDH ada 5 th…
Hasil survei pasien datang ke poli fisioterapi kasus terbanyak LBP/ Sakit Boyok.
LBP adalah Low back pain atau lumbago dalam nyeri pinggang sering terjadi akibat gangguan pada tulang dan otot punggung. Sakit pinggang atau low back pain merupakan keluhan umum. Kebanyakan orang mengalami hal tersebut dalam kehidupan manusia.

Penyebab sakit boyok/ LBP ;
1. Kebiasaan yg salah terus menerus; seperti duduk yg kurang tepat…tidak menyadari ke kursi…jadi punggung tidak tersangka. Contoh lain sapu halaman yg SDH pendek segera diganti karena kalau terlalu bungkuk kerja otot & tulang punggung berat sering bisa cidera.

2. Cara angkat barang yg salah. Harusnya barang didekatkan tubuh kita.. baru kita angkat punggung sebisa mungkin tidak bungkuk terlalu rendah. Contoh lain bangun tidur miring dulu baru tangan untuk menyangga badan bangun, TDK LG jenggelak.
3. Cidera karena terjatuh posisi terduduk, akibatnya verterba/ tulang belakang mengalami pergeseran atau penjepitan syaraf yg mengakibatkan nyeri menjalar dari pinggang sampai tungkai Kaki.
Untuk itu fisioterapi di puskesmas Sedayu 2 SDH dilengkapi alat modalitas yg sudah lengkap setaraf RS. Untuk pencegahan LPB ada senam yg baik untuk pinggang untuk menjaga kondisi otot pinggang tetap baik.

Sesi tanya jawab dari peserta prolanis.
Usai Penyuluhan, kegiatan dilanjutkan dengan pendaftaran, pemeriksaan (pemeriksaan rutin, Timbang Badan, Tinggi Badan, Tekanan Darah & Laboratorium), dan pelayanan obat oleh bapak Basir, ibu Màryani, dr.Rizqidio Larisso Widyokusumo, dan ibu Anisah Khoiriyah dengan dibantu oleh mahasiswa Kebidanan dr Unisah, mhssw Analis dr Manggala.Setiap peserta mendapat konseling gizi dari mahasiswa prodi Gizi univ.Alma Ata yang didampingi oleh Ibu Nanik,petugas gizi puskesmas. Terakhir, peserta mendapat pelayanan pengambilan obat oleh Bp. parjono.
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #prolanis #bpjs #kemenkesri #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: