Mahasiswa KKN Gizi Alma Ata memberi penyuluhan Edukasi Gizi pada Kegiatan Posyandu Balita KEMUNING hari Senin,5 maret 2018 pukul 09.00 wib bertempat di posyandu Kemuning RT 18 perumahan Polaman Baru Argorejo Sedayu yang dihadiri oleh ibu kader, ibu balita, dan balita.

Dalam kegiatan ini dilakukan sistem lima meja dibantu kader yang sedang bertugas. Materi penyuluhan yang diberikan adalah mengenai gizi bayi dan anak, MP-ASI dan tahapan pemberian MP-ASI.
Bayi berumur 0-2 tahun merupakan masa periode emas, dimana pertumbuhan fisiologis anak berkembang dengan cepat, serta terbentuknya syaraf-syaraf dalam otak.

Asupan zat gizi mempunyai pengaruh besar terhadap anak dari bayi hingga remaja. Gizi seimbang tidak hanya berpengaruh pada pertumbuhan tetapi juga berfungsi sebagai imunitas.
Kebutuhan gizi pada setiap bayi berbeda tergantung Usia, kecepatan pertumbuhan, aktivitas fisik dan penyerapan makanan.

MP ASI merupakan makanan bayi yang menyertai pemberian ASI setelah bayi berusia 6 bulan hingga berusia 2 tahun, karena pemberian ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. MP ASI mengandung zat gizi yang diberikan selama periode penyapihan. Rekomendasi MP ASI yaitu tepat waktu, adekuat, aman, tepat pemberian makanan dan beraneka ragam.
PEMBERIAN MAKANAN sesuai dengan umur bayi dan balita karna kebutuhan anak berbeda sesuai usia.(nur/lisa)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #kknalmaata #praktikkomunitasalmaata #praktikkomunitas #praktikkomunitasgizialmaata #kkngizialmaata #kkn #sedayu #posyandubalita #apuse #ayokeposyandusehatkananak #kemenkesri #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: