Rabu, 7 Maret 2018 telah dilaksanakan Program SDIDTK Anak di Posyandu Kuncup Harapan Dusun Polaman di pendopo rumah Dukuh Polaman Argorejo Sedayu bapak Suparjo,SPd.

Petugas dari Puskesmas Sedayu II adalah ibu Anisah Khoiriyah, ibu Nanik Tejowati dan Natya Ayu Pramudita. Jumlah balita yang dilakukan SDIDTK laki-laki 10 balita dan perempuan 25 balita. Tidak ada yang mengalami penyimpangan tumbuh kembang.

DEFINISI SDIDTK.
Program Stimulasi,Deteksi & Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) merupakan revisi dari program Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK) yang telah dilakukan sejak tahun 1988. dan termasuk salah satu program pokok Puskesmas. Kegiatan ini dilakukan menyeluruh dan terkoordinasi diselenggarakan dalam bentuk kemitraanan tara keluarga, masyarakat dengan tenaga professional. Tidak ada perbedaan yang signifikan antara SDIDTK dengan DDTK, hanyalah perbedaan istilah.
PENGERTIAN SDIDTK.
1.Stimulasi : kegiatan merangsang kemampuan dasar anak umur 0-6 tahun agar anak tumbuh dan berkembang secara optimal.
2.Deteksi tumbuh kembang anak : kegiatan/pemeriksaan untuk menemukan secara dini adanya penyimpangan tumbuh kembang pada balita dan anak prasekolah.
3.Intervensi dini penyimpangan perkembangan : tindakan tertentu pada anak yang perkembangan kemampuannya menyimpang karena tidak sesuai dengan umurnya.
4.Penyimpangan bisa salah satu atau lebih kemampuan anak yaitu kemampuan gerak kasar gerak halus bicara dan bahasa serta sosialisasi dan kemandirian anak.(natya)
#kes@sedayudua #promkes #promkessedayudua #puskesmas #puskesmassedayu2 #posyandu #sdidtk #sdidtkposyandubalita #stimulasideteksiintervensidinitumbuhkembang #tumbuhkembanganak #kia #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #kemenkes 

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: