Rabu Pintar, 7 Maret 2018 telah dilaksanakan kegiatan rutin Update Knwoledge internal karyawan Puskesmas Sedayu II yang dilaksanakan di Hall Puskesmas dan diikuti oleh semua karyawan puskesmas.

Hari ini Narasumber Rabu Pintar adalah Bapak Joko Waluyo, ibu Rohani dan ibu Maryani. Acara dipimpin oleh koordinator RAPI ibu dr,Krissieta Andiyanti. Pembawa acara oleh ibu Rohani Widiyanti.
Materi pertama oleh bapak Joko Waluyo, SKM, Kasubag TU Puskesmas sosialisasi tentang Peraturan BKN no 24 tahun 2017 ttg Aturan cuti. Beliau menjelaskan beberapa perubahan pada aturan cuti bagi PNS dan CPNS yang meliputi cuti tahunan, cuti besar, cuti sakit, cuti melahirkan, cuti alasan penting, cuti bersama dan cuti diluar tanggungan.

Materi kedua oleh Rohani Widiyanti, Amd.Keb menyampaikan tentang Jaminan Persalinan (Jampersal). Latar belakang & tujuan jampersal diantaranya utk menurunkan AKI, AKB dan gizi buruk serta pemertaan dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan. Tahun 2017 jumlah AKI di Kabupaten Bantul sebanyak 9 orang yang menempati urutan terbanyak kedua di DIY setelah Gunung Kidul, sedangkan AKB paling banyak diantara kabupaten lain di DIY. Sasarannya ibu hamil yang tidak memiliki jaminan kesehatan & termasuk tidak mampu/ miskin dengan melampirkan surat keterangan tidak mampu dari pemerintah desa. Pembiayaan jampersal bisa digunakan untuk rujukan dari warga ke faskes atau dr faskes ke faskes lain, persalinan, KB pasca salin, kunjungan nifas. Penyerapan dana jampersal tahun lalu hanya sekitar 14% sehingga diharapkan tahun ini bs dimanfaatkan dg lebih optimal.

Materi ketiga oleh ibu Maryani,Amd.Keb menyampaikan tentang program screening kesehatan bagi lansia umur >60 th. Skreening kesehatan lansia dilakukan dalam bentuk wawancara dg kuesioner AMT dan pemeriksaan TD, gula darah & kolesterol. Kegiatan tsb akan dilaksanakan di posyandu lansia maupun pelayanan di puskesmas.(dr.sita)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #rabupintar #rapi  #updateknowledge #kemenkesri #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: