Kamis 08 Maret 2018 pukul 10.00 sampai dengan 12.00 telah dilaksanakan posyandu balita di TK Sungapan Dukuh bersama dengan kader posyandu dan KKN Kesehatan Universitas Alma Ata Yogyakarta.

Bersama dengan pelaksanaan posyandu tersebut K3N Universitas Alma Ata Yogyakarta memberikan sosialisasi kesehatan tentang cara mencuci tangan dengan prinsip 6 benar dan juga sosialisasi pengelolaan limbah rumah tangga kepada ibu-ibu yang ada di posyandu.
Mencuci tangan adalah teknik dasar untuk melakukan pengontrolan maupub pencegahan infeksi dan bakteri yang akan masuk ke dalam tubuh manusia.
Adapun tujuan cuci tangan antara lain menghilangkan kotoran yang terlihat oleh kasat mata, mengurangi mikro organisme yang menempel di telapak tangan dan untuk mencegah transmisi mikro organisme.

Adapun waktu cuci tangan antara lain.
Sebelum dan sesudah makan, sebelum dan sesudah menyiapkan makanan khususnya sebelum dan sesudah memegang bahan mentah seperti peroduk ternak dan ikan, setelah memegang ternak dan kotoran ternak, setelah bersin,setelah menangani sampah,setelah buang air besar dan kecil.

Limbah Rumah Tangga adalah limbah yang berasal dari dapur, kamar mandi, cucian.
Macam-macam limbah
1. limbah cair
2. Limbah padat
3. limbah gas
Tujuan pengolahan limbah rumah tangga
1. Memiliki nilai ekonomis
2. Tidak membahayakan bagi lingkungan hidup
Penanganan sampah
1. Di rumah
Memilah sampah untuk mempermudah daur ulang
2. Dilingkungan RT/RW
Mengumpulkan sampah dan memanfaatkan kembali sampah yang masih dapat dipakai
3. Di kawasan kabupate atau kota
Mengumpulkan, mengangkut sampah dan dibawa ke TPA.(rahma)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #kknalmaata #praktikkomunitasalmaata #praktikkomunitas #kkn #sedayu #ctps #posyandubalita #kemenkesri #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: