Jumat, 9 Maret 2018 telah dilaksanakan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) di dusun Selogedong. Dalam kegiatan PSN kali ini melibatkan petugas dari Kecamatan Sedayu, Kelurahan Argodadi, Babinkamtibmas Argodadi, PKH, Kader Selogedong dan Petugas Puskesmas Sedayu II yang diwakili oleh Ellen Nugraha dan Puspita Rizki Y. Kegiatan dimulai pukul 08.30 dengan pembagian tugas melakukan PSN di 8 RT di Selogedong. Petugas meninjau dari dalam maupun luar rumah. Dari setiap RT diambil sampel 10 rumah. Setelah dilaksanakan pemantauan dan rekapitulasi data setiap RT didapatkan hasil bahwasanya ABJ (Angka Bebas Jentik) di Dusun Selogedong adalah 86%. Angka ini masih kurang dari target yang ditetapkan yaitu 95%. Maka dari itu, dibutuhkan kerjasama yang baik dalam melakukan pemberantasan sarang nyamuk.

PSN adalah bagian dari program Gerakan Jumat Bersih oleh Lintas Sektor , untuk memberantas sarang dan jentik-jentik nyamuk, yang telah lama diimbau untuk dilaksanakan di lingkungan masyarakat. Kegiatan ini sudah rutin dilaksanakan setiap bulan oleh Lintas Sektor Kecamatan Sedayu.Adanya kerjasama linsek untuk kesehatan adalah sangat sejalan dengan GERMAS, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, dimana GERMAS adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, dimana merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.Sedangkan PSN sendiri adalah implementasi dari salah satu kegiatan GERMAS itu sendiri, yaitu kegiatan Peningkatan Edukasi Hidup Sehat.(puspita)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #gertakpsn #psn #pemberantasansarangnyamuk #germas #peningkatankualitaslingkungan #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: