Puskemas Sedayu II laksanakan program gabungan Puskesmas Keliling, Kampanye PHBS-CTPS dan Screening Lansia pada hari Sabtu, 10 Maret 2018 di Posyandu lansia MANGGA di rumah Dukuh Cawan Argodadi Sedayu Bapak Kartiyo.

“Hidup Bermartabat di Usia Senja,Lanjut Usia Sejahtera,
Bersama membangun Kepedulian terhadap Lanjut Usia,
Bantul Cinta Sehat Bantulku Hebat,
Sedayu Sehat Untuk Indonesia”

Petugas Puskesmas Keliling adalah Tim Screening Lansia oleh ibu Maryani dan Anisah Khiriyah, Tim Puskesmas Keliling oleh ibu DA Endang Sudaryati, Prasinto Ramdaniar,  dan Elen Nugroho, serta Tim Campaign PHBD dan CTPS oleh ibu Eni Susanti dan Wahyu Surya Rhomawati.
Puskesmas Keliling ini memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan kepada para lansia. Skrining /penapisan Lansia adalah merupakan proses pendeteksian kasus/kondisi kesehatan pada lansia sesuai dengan jenis penyakit yang akan dideteksi dini dengan upaya meningkatkan kesadaran pencegahan dan diagnosis dini bagi lansia. Campaign PHBS adalah komunikasi langsung dengan memanfaatkan berbagai media agar terwujud perubahan perilaku masyarakat yaitu dengan menerapkan PHBS di setiap ruang lingkup kehidupan.

KEGIATAN POSYANDU LANSIA

PENDAFTARAN DAN ABSENSI
Posyandu dilaksanakan dengan sistem 5 meja : Meja 1 pendaftaran, Meja 2 Pengukuran berat badan,tinggi badan, tensi, Meja 3 pencatatan, Meja 4 PMT Penyuluhan, dan Meja 5 pelayanan kesehatan/medis.

CAMPAIGN LANSIA SEHT SEJAHTERA
“Hidup bermartabat di usia senja, Lanjut Usia Sejahtera
Bersama membangun kepedulian Terhadap Lanjut Usia
Bantul Cinta Sehat Bantulku Hebat
Sedayu Sehat untuk Indonesia”

GAME LANSIA
Lansia diajak permainan dengan bernyanyi bersama DI SINI SENANG yang dipandu oleh Wahyu Surya Rhomawati.

CAMPAIGN PHBS DAN CTPS
Tim Promkes melaksanakan kampanye Perilaku Hidup Bersih dan Sehat fan Cuci Tangan Pakai Sabun dengan membuat statemen dan penyuluhan PHBS dan CTPS.

MONITOR PERTUMBUHAN LANSIA
Pengukuran berat badan, tinggi badan dan cek tensi yang dilaksanakan oleh Kader Lansia.

SKRINING LANSIA
Skrining Lansia dilaksanakan oleh Petugas Puskesmas Sedayu II ibu Maryani dan ibu Anisah Khoiriyah yang dibantu oleh Mahasiswa Analis yang praktik di Puskesmas Sedayu II serta dibantu juga oleh Kader Lansia terlatih.

PMT LANSIA

PEMERIKSAAN KESEHATAN
Pemeriksaan Kesehatan oleh petugas puskesmas keliling. Dan Lansia yang periksa orang;L:&P: dengan Bayar: orang, Gratis: orang, KIS: orang.

KONTRIBUTOR
Wahyu Surya Rhomawati.

Posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu,yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan.
Puskesmas keliling adalah Unit pelayanan kesehatan keliling yang dilengkapi dengan kendaraan bermotor roda 4 & peralatan kesehatan, peralatan komunikasi serta sejumlah tenaga yang berasal dari Puskesmas. Fungsinya menunjang & membantu melaksanakan kegiatan Puskesmas dalam wilayah kerjanya dengan maksud lebih dekat kepada masyarakat dengan sistem jemput bola.(yoyok)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #posyandu #posyandusedayudua #lansia #lansiasedayudua #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: