Puskemas Sedayu II laksanakan program gabungan Puskesmas Keliling, Kampanye GERMAS dan PHBS pada hari Senin, 12 Maret 2018 di Posyandu lansia FLAMBOYAN di rumah Dukuh Gunungpolo Argorejo Sedayu Bapak Tugiran.

Hidup bermartabat di usia senja, Lanjut Usia Sejahtera
Bersama membangun kepedulian Terhadap Lanjut Usia
Bantul Cinta Sehat Bantulku Hebat
Sedayu Sehat untuk Indonesia

Petugas Puskesmas Keliling adalah Tim Puskesmas Keliling oleh ibu Sri Endar, dr. Rizqidio Larisso Widyokusumo & Mahasiswa praktik kebidanan Unisa, serta Tim Promkes bapak Yoyok Prasetyo dan saudari Wahyu Surya Rhomawati.
Lansia yang hadir 43 orang;L:9 dan P:34.

Puskesmas Keliling ini memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan kepada para lansia.
Campaign GERMAS & PHBS adalah komunikasi langsung dengan memanfaatkan berbagai media agar terwujud perubahan perilaku masyarakat yaitu dengan menerapkan indikator Germas dan PHBS di setiap ruang lingkup kehidupan.

KEGIATAN POSYANDU LANSIA

PENDAFTARAN DAN ABSENSI
Posyandu dilaksanakan dengan sistem 5 meja : Meja 1 pendaftaran, Meja 2 Pengukuran berat badan,tinggi badan, tensi, Meja 3 pencatatan, Meja 4 PMT
Penyuluhan, dan Meja 5 pelayanan kesehatan/medis

CAMPAIGN LANSIA SEHAT SEJAHTERA
Hidup bermartabat di usia senja, Lanjut Usia Sejahtera
Bersama membangun kepedulian Terhadap Lanjut Usia
Bantul Cinta Sehat Bantulku Hebat
Sedayu Sehat untuk Indonesia

GAME LANSIA
Tim Promkes mengajak lansia bernyanyi bersama lagu DI SINI SENANG & SUWE ORA JAMU.
Game Lansia 2 kali dilaksanakan sebelum kegiatan posyandu dipandu oleh kader ibu Wastini dan setelah posyandu yang dipandu opeh Wahyu Surya Rhomawati & bapak Yoyok Prasetyo.

CAMPAIGN GERMAS & PHBS
Tim Promkes melaksanakan kampanye GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan membuat statemen dan penyuluhan GERMAS & PHBS yang dilaksanakan setelah kegiatan Posyandu lansia & Puskesmas Keliling selesai dilaksanakan.

AYO BERPERILAKU HIDUP BERSIH & SEHAT,
LAKSANAKAN INDIKATOR RUMAH TANGGA,
PERSALINAN NAKES
ASI EKSLUSIF
TIMBANG BALITA
GUNAKAN AIR BERSIH
CTPS
GUNAKAN JAMBAN SEHAT
BERANTAS JENTIK
MAKAN SAYUR DAN BUAH
AKTIVITAS FISIK
TIDAK MEROKOK DI DALAM RUMAH,
BANTUL CINTA SEHAT BANTULKU HEBAT,
SEDAYU SEHAT UNTUK INDONESIA

PEMANTAUAN PERTUMBUHAN LANSIA
Pengukuran pertumbuhan badan dilaksanakan secara berkala setiap bulan, dimana lansia ditimbang dipantau progress berat badan & tinggi badannya

CEK KESEHATAN RUTIN
Pengukuran tensi lansia oleh kader lansia dan Petugas Puskesmas keliling.

PMT PENYULUHAN LANSIA
Tim promkes melaksanakan penyuluhan PHBS & CTPS kepada lansia

PEMERIKSAAN KESEHATAN
Pemeriksaan Kesehatan oleh petugas puskesmas keliling. Dan Lansia yang periksa 43 orang;dengan Bayar: 6 orang, KIS: 37orang.

PENYULUHAN
Penyuluhan oleh pelaksana Promkes Puskesmas Sedayu II Wahyu Surya Rhomawati tentang GERMAS , Gerakan Masyarakat Hidup Sehat berupa; Cek Kesehatan Fisik rutin, Budayakan Makan sayur dan buah serta Aktivitas Fisik rutin 30 menit tiap hari.

KONTRIBUTOR
Kader ibu Wastini dan Sri Lestari serta petugas Puskesmas Bapak Yoyok Prasetyo dan Wahyu Surya Rhomawati.

Bapak Yoyok Prasetyo dan Bapak Tugiran

Pada kesempatan ini bapak Tugiran selaku Kadus Gunungpolo dan bapak Yoyok Prasetyo berdiskusi mengenai Dusun Siaga FLAMBOYAN yang belum lama dideklarasikan berikut sebagai kawasan sehat bebas asap rokok dan bebas sampah serta bebas BABS.
Dibicarakan juga mengenai konsep dusun siaga yang sedikit berbeda dengan konsep terdahulu, sama hal nya dengan Dusun Siaga Kepuhan.

Posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu,yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan.
Puskesmas keliling adalah Unit pelayanan kesehatan keliling yang dilengkapi dengan kendaraan bermotor roda 4 & peralatan kesehatan, peralatan komunikasi serta sejumlah tenaga yang berasal dari Puskesmas. Fungsinya menunjang & membantu melaksanakan kegiatan Puskesmas dalam wilayah kerjanya dengan maksud lebih dekat kepada masyarakat dengan sistem jemput bola(yoyok)

#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #posyandu #posyandusedayudua #lansia #lansiasedayudua #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: