Puskemas Sedayu II laksanakan program gabungan Puskesmas Keliling, Kampanye GERMAS pada hari Rabu, 14 Maret 2018 di Posyandu lansia MANGGIS di rumah Dukuh Bakal Pokok Argodadi Sedayu Bapak Ponijan.

Hidup bermartabat di usia senja, Lanjut Usia Sejahtera
Bersama membangun kepedulian Terhadap Lanjut Usia
Bantul Cinta Sehat Bantulku Hebat
Sedayu Sehat untuk Indonesia

Petugas Puskesmas Keliling adalah Tim Puskesmas Keliling oleh bapak Jawad Abdurrohman, ibu Nurfarida, saudari Wahyu Surya Rhomawati, Ellen Nugroho dan koass IKM UMY.
Lansia yang hadir 37 orang;L:0 dan P:37.

Puskesmas Keliling ini memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan kepada para lansia yang diintegrasikan dengan Campaign GERMAS yang merupakan komunikasi langsung dengan memanfaatkan berbagai media agar terwujud perubahan perilaku masyarakat yaitu dengan menerapkan indikator Germas dan PHBS di setiap ruang lingkup kehidupan. Dan Mahasiswa Koass IKM UMY melaksanakan penyuluhan tentang Menopause.

KEGIATAN POSYANDU LANSIA

PENDAFTARAN DAN ABSENSI
Posyandu dilaksanakan dengan sistem 5 meja : Meja 1 pendaftaran, Meja 2 Pengukuran berat badan,tinggi badan, tensi, Meja 3 pencatatan, Meja 4 PMT
Penyuluhan, dan Meja 5 pelayanan kesehatan/medis

CAMPAIGN LANSIA SEHAT SEJAHTERA
Hidup bermartabat di usia senja, Lanjut Usia Sejahtera
Bersama membangun kepedulian Terhadap Lanjut Usia
Bantul Cinta Sehat Bantulku Hebat
Sedayu Sehat untuk Indonesia

GAME LANSIA
Tim Promkes mengajak lansia bernyanyi bersama lagu DI SINI SENANG & SUWE ORA JAMU.
Game Lansia dilaksanakan sebelum kegiatan posyandu dipandu oleh Saudari Wahyu Surya Rhomawati.

PENYULUHAN
Penyuluhan oleh pelaksana Promkes Puskesmas Sedayu II Wahyu Surya Rhomawati tentang GERMAS , Gerakan Masyarakat Hidup Sehat berupa; Cek Kesehatan Fisik rutin, Budayakan Makan sayur dan buah serta Aktivitas Fisik rutin 30 menit tiap hari.

Penyuluhan kedua oleh Koass IKM UMY mengenai Menopause dalam bahasa jawa disebut Galap Sari.

Menopause adalah sebuah kondisi normal yang akan dialami oleh semua wanita sejalan dengan bertambahnya usia, dan bukanlah suatu penyakit atau gangguan medis. Menopause didefinisikan sebagai keadaan tidak adanya periode menstruasi selama 12 bulan.
Dijelaskan pulan tentang tanda tanda dan cara mengatasi Menopause.

PEMANTAUAN PERTUMBUHAN LANSIA
Pengukuran pertumbuhan badan dilaksanakan secara berkala setiap bulan, dimana lansia ditimbang dipantau progress berat badan & tinggi badannya

CEK KESEHATAN RUTIN
Pengukuran tensi lansia oleh kader lansia dan Petugas Puskesmas keliling.

PMT PENYULUHAN LANSIA

PEMERIKSAAN KESEHATAN
Pemeriksaan Kesehatan oleh petugas puskesmas keliling. Dan Lansia yang periksa 37 orang;dengan Bayar: 2, gratis 1 orang, KIS: 34 orang.

KONTRIBUTOR
Kader ibu Ria dan Wahyu Surya Rhomawati.

KADER KAMELIA :
ESiti,Wadiyah,Nur Lidya,Sarmi,dan evi

Posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu,yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan.
Puskesmas keliling adalah Unit pelayanan kesehatan keliling yang dilengkapi dengan kendaraan bermotor roda 4 & peralatan kesehatan, peralatan komunikasi serta sejumlah tenaga yang berasal dari Puskesmas. Fungsinya menunjang & membantu melaksanakan kegiatan Puskesmas dalam wilayah kerjanya dengan maksud lebih dekat kepada masyarakat dengan sistem jemput bola(yoyok)

#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #sedayu #posyandu #posyandusedayudua #lansia #lansiasedayudua #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: