Minggu, 18 Maret 2018 jam 06.00 wib telah dilaksanakan kegiatan Kerja Bhakti ibu ibu Dusun Gunungpolo Argorejo Sedayu.Kerja bhakti yang dilaksanakan oleh ibu ibu Dusun Gunungpolo ini rutin dilakukan setiap Minggu pagi.

Kerja Bhakti adalah AKTIVITAS GERMAS, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.
Kerja bhakti dilaksanakan secara rutin oleh warga dusun, minimal seminggu sekali. Maka dia termasuk ke dalam Aktivitas Fisik Rutin 30 menit.
Kerja Bhakti dilaksanakan oleh ibu ibu RT 25 di jalanan RT 25 dan di Jembatan Penghubung Gunungpolo dengan Dusun Sudi Kidul Argorejo.

Aktivitas fisikĀ adalah kegiatan dalam durasi waktu tertentu yang membutuhkan energi dan pergerakan otot-otos kerangka.
Aktivitas Fisik tidak hanya olahraga yang berarti gerakan badan yang bersifat terstruktur dengan tujuan yang spesifik, biasanya untuk melatih anggota tubuh tertentu.
Aktifitas Fisik Kerja Bhakti juga dilakukan oleh ibu ibu di perbatasan RT 23, 24 dan 26, dan dilanjutkan di jalanan menuju makam di perbatasan RT 24 dan 26.

Aktivitas Fisik yang merupakan bagian dari kegiatan Gerakan Hidup Sehat berlanjut di RT 26 dimana dilakakukan ibu ibu RT 26 di lokasi jalanan RT 26 dan sekitarnya.
GERMAS adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, dimana merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.
Tidak ketinggalan pula ibu ibu RT 24 melaksanakan Kerja bhakti di jalanan RT 24 sampai di Jembatan penghubung dusun Gunungpolo dengan dusun Senowo Argorejo.

Adapun Kegiatan GERMAS adalah :
1. Peningkatan Aktivitas Fisik
2. Peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
3. Penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaiakn gizi
4. Peningkatan pencegahan dan Diteksi Dini Penyakit
5. Peningkatan Kualitas Lingkungan
6. Peningkatan Edukasi Hidup Sehat.
Ibu ibu RT 24 melanjutakn kegiatan kerja bhakti itu di perbatsan dengan RT 23, bahkan sampai jauh ke wilayah perbukitan RT 23.

GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: 1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, 2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit.

Tidak mau kalah dengan ibu ibu wilayah lain, di RT 23 ibu ibu juga semangat kerja bhakti di jalanan Rt 23 dan sekitarnya.

KONTRIBUTOR ADALAH KADER KAMELIA adalah ibu Wastini(kader RT 24), Ibu dukuh ibu Sukamtini (RT 26), dan ibu Dwi Wuryani(RT25).(yoyok)
#kes@sedayudua #promkessedayudua #promkes #puskesmas #puskesmassedayu2 #dinkesbantul #kabupatenbantul #germas #germassedayudua #aktivitasfisik #kerjabakti #sedayu #kemenkesri #kemenkes

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: