Rabu Morning, 1 Mei 2019 telah dilaksanakan Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-23 Kecamatan Sedayu tahun 2019 Integrasi dengan PTM dan GERMAS di Halaman Kampus Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Jln.Wates km 10, Argomulyo Sedayu Bantul.

Hari Lanjut Usia Nasional (Hari Lansia) merupakan salah satu hari penting di Indonesia yang diperingati setiap 29 Mei sebagai wujud kepedulian dan penghargaan terhadap orang lanjut usia. Menurut Undang-Undang No. 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lansia, Lansia adalah orang yang telah berusia 60 tahun ke atas.

Pada tahun 2019 ini Kecamatan Sedayu melaksanakan Peringatan HLUN ke-23 dimajukan pada hari Rabu, 1 Mei 2019.

GERMAS ; MAKAN BUAH BERSAMA
GERMAS ; MAKAN BUAH BERSAMA & Minum Air Putih

Peringatan HLUN tahun ini dibarengkan dengan kegiatan rutin Kecamatan Sedayu, BUMOR; Rabu Morning (Sunmor Sedayu), merupakan ajang kegiatan penawaran dan jual beli produk-produk terutama produk UMKM di Kecamatan Sedayu.

Peringatan HLUN kec Sedayu merupakan kerjasama Muspika Kec Sedayu, Puskesmas Sedayu 1, Puskesmas Sedayu 2, UMBY, Karang Taruna; Taruna Yoda, Kusuma Bhakti, Taruna Sari, Germas Sedayu, PKK Sedayu, dan Komda Lansia Sedayu.
HLUN ke-23 ini dengan thema LANSIA MANDIRI, SEJAHTERA DAN BERMARTABAT

Rangkaian Kegiatan HLUN diawali dengan Gelar Senam Massal, Rangkaian Germas PAK CAMAT, Deklarasi Germas Sedayu dipimpin Camat Sedayu bapak Fauzan Mu’arifin, Pemeriksaan Skrening Lansia dan Pemeriksaan Skrening PTM (Penyakit Tidak Menular), Pembagian Doorprize dan hiburan.

Peserta hadir baik lansia maupun pengunjung Bumor mendapatkan pelayanan Cek tensi dari Mahasiswa K3M Prodi Ners Unoversitas AlmaAta

Cek Tensi kepada Peserta Lansia dan peserta umum

Kegiatan diawali dengan Senam Lansia Bugar diikuti oleh sekitar 400 Lansia se kecamatan Sedayu serta masyarakat pengunjung Bumor Sedayu.

Senam Massal bersama 400 Lansia Sedayu

Usia Senam peserta diajak untuk me;laksanakan rangkaian kegiatan Germas dipimpin oleh Wahyu Surya Rhomawati. Peserta senam diajak untuk gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), dan dilanjut dengan Makan buah bersama dan Minum Air Putih sebagai Implementasi dari Germas, Budayakan Makan buah dan sayur serta rajin minum air putih 8 gelas sehari.

MAKAN BUAH BERSAMA DAN MINUM AIR PUTIH

Makan buah menghasilkan sisa makanan atau sampah organik dan wadah air putih menghasilkan sampah anorganik. Wahyu Surya Rhomawati mengajak peserta untuk menaruh sampah atau Ndelehke Sampah Sasemesthine. Bukan membuang sampah.

NDELEHKE SAMPAH SASEMESTHINE

Pada kesempatan ini dilaksanakan juga dideklarasikan GERMAS SEDAYU dengan nama “GERMAS PAK CAMAT”, yaitu :

DEKLARASI GERMAS “PAK CAMAT” SEDAYU
  1. (P) Periksa Kesehatan rutin
  2. (AK) Aktivitas Fisik Rutin 30 Menit sehati
  3. (C) CTPS
  4. (A) Air Putih 8 gelas sehari
  5. (M) Makan buah dan sayur
  6. (T) Taruh Sampah di tempat sampah.

Rangkaian kegiatan Peringatan HLUN dilaksanakan juga Pemeriksaan Kesehatan berupa Skrening PTM untuk 50 Peserta umum (Peserta Bumor) dan Skrening Lansia untuk 100 peserta lansia yang hadir.

Skrening PTM bagi 50 peserta umum (usia produktif & skrening Lansia

Donasi dan ucapan terimakasih

  1. UMBY dan yayasan wangsamanggala
  2. Kecamatan sedayu, Muspika, dinkes, dinas perindustrian, komda lansia
  3. Puskesmas sedayu 1
  4. Puskesmas sedayu 2
  5. Bank BPD
  6. ENTRASOL
  7. desa Argorejo, argodadi, Argomulyo, argosari
  8. tp pkk desa
  9. Apotek Dilla Senowo
  10. seluruh warga sedayu

Hiburan dan pembagian doorprize hingga berakhir pukul 11.00 wib. (yoyok)

HLUN ke-23 Kecamatan Sedayu
Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: