Pada hari Jum’at, 11 Oktober 2019 jam 07.30 wib, Pegawai Puskesmas Sedayu 2, mahasiswa K3M Profesi Ners Universitas Alma Ata, bapak-bapak dan ibu-ibu melaksanakan senam bersama, di depan halaman Puskesmas Sedayu 2.

Senam rutin ini merupakan salah satu kegiatan dalam program Kesorga (Kesehatan Olahraga) dalam Kementerian Kesehatan.
Senam adalah implementasi dari Aktivitas Fisik GERMAS PAK CAMAT. Aktivitas Fisik adalah 1 dari 3 kegiatan utama Germas yang pada tahun ini menjadi kegiatan utama Germas.

GERMAS adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, dimana merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.
Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

Puskesmas Sedayu II melaksanakan Germas yang mengacu kepada Germasnya orang Sedayu yakni Germas Pak Camat.
Adapun GERMAS PAK CAMAT (GERMAS SEDAYU) :
1.(P) Periksa Kesehatan rutin
2.(A) Aktivitas Fisik Rutin 30 Menit setiap hari
3.(K) Kelola Gula, Garam dan Lemak
4.(C) Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)
5.(A) Air Putih 8 gelas setiap hari
6.(M) Makan sayur dan buah
7.(A) Atasi Stress
8.(T) Taruh Sampah di tempatnya.

GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: 1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, 2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit. ( Sanjaya )

Kategori: Berita

Silakan Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: