Pelaksanaan Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah Tahun 2014

Penjaringan kesehatan merupakan salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin. Penjaringan kesehatan dilakukan pada peserta didik kelas 1 SD, kelas 7 SMP/MTs dan Kelas 10 SMA/SMK/MA yang meliputi pemeriksaan kebersihan perorangan (rambut, kulit dan kuku) pemeriksaan status gizi melalui pengukuran antropometri, pemeriksaan ketajaman indera (penglihatan dan pendengaran), pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, pemeriksaan laboratorium untuk anemia dan kecacingan, dan pengukuran kebugaran jasmani. Selain itu pada peserta didik di tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA juga dilakukan skrining melalui kuisioner mengenai keadaan kesehatan umum, kesehatan mental remaja, intelegensia dan reproduksi melalui self assessment serta bahan edukasi/konseling.

pengukuran tajam penglihatanPelaksanaan penjaringan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Sewon I dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus – 30 Agustus 2014 untuk siswa SD dan pada tanggal 1 September – 29 September 2014 pada siswa SMP dan SMA. Adapun jumlah sekolah yang dilakukan penjaringan kesehatan ini meliputi 14 SD, 6 SMP dan 4 SMK. Target capaian penjaringan kesehatan anak sekolah ini ditetapkan sebesar 100%. Kegiatan pemeriksaan kesehatan fisik dan penunjang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Sewon I yang terdiri dari 4-5 orang dalam 1 timnya. Mengingat banyaknya jumlah siswa yang harus diperiksa maka tenaga kesehatan puskesmas sangat membutuhkan bantuan dari guru UKS dan Kader Kesehatan Sekolah sesuai dengan kapasitas/kewenangan masing-masing. Sedangkan untuk pengisian kuesioner diisi oleh peserta didik sendiri termasuk kuesioner kesehatan reproduksi.

DSC05741Skrining kesehatan reproduksi ini bertujuan untuk mendeteksi dini masalah kesehatan reproduksi remaja sehingga dapat dilakukan upaya pencegah terhadap kelainan-kelainan yang dapat mengganggu proses reproduksi mereka. Kuesioner kesehatan reproduksi meliputi berbagai hal terkait kesehatan reproduksi antara lain keluhan pada organ reproduksi dan perkembangan pubertas yang dilihat melalui perkembangan organ seks primer (menstruasi/mimpi basah) dan organ seks sekunder.

Semoga pelaksanaan kegiatan penjaringan kesehatan anak sekolah di wilayah kerja puskesmas Sewon I ini dapat berjalan lancar sehingga dapat diperoleh data yang akurat demi kepentingan terbaik bagi seluruh peserta didik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *