Pada tanggal 7-9 September 2017 telah diadakan Penilaian Akreditasi Puskesmas Sewon I. Waktu ini sangat ditunggu para karyawan karena bisa mengevaluasi diri menjadi lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan masyarakat dan individu. Sesuai dengan motto Puskesmas Sewon I yaitu Mitra Utama Masyarakat Menuju Sewon Sehat, denga misi memberikan pelayanan kesehatan yang merata dan profesional, dan mendorong kemandirian masyarakat untuk menciptakan budaya dan lingkungan yang sehat. Surveyor yaitu H. Amri Majid, SKM, M. Kes selaku Ketua Tim dan Surveyor bidang UKM, dr. Niken Widyah Hastuti, M.Kes selaku Surveyor bidang Admen, dan dr. Della Sarah Destrianda selaku Surveyor bidang UKP. Hari Pertama opening ceremony dari Puskesmas dimulai hymne, mars, dan yel-yel untuk menambah semangat dari karyawan, penyambutan dari dr. Pramudi Darmawan, M. Kes perwakilan dari Dinas Kesehatan Bantul, lalu sambutan dari Kepala Puskesmas Sewon I dan tanggapan dari Ketua Tim, H. Amri Majid, SKM, M.Kes. Agenda hari pertama yaitu pemaparan Profil Puskesmas oleh Kepala Puskesmas dilanjutkan penilaian bidang masing-masing

Pagi para surveyor disambut hangat para karyawan

Para Surveyor datang

Presentasi Puskesmas oleh Kepala Puskesmas Sewon I

Perkenalan Tim Surveyor

Penilaian Admen dr. Niken dan drg. Indriana (Ketua Pokja Admen)

Penilaian UKP dr Della dengan dr. Ahmad Riyanto (Ketua Pokja UKP)

Penilaian Dokumen dengan Ketua Pokja UKm (dr. Endang)

Senja di Parangtritis bersama Para Surveyor yang berasal dari Palembang, Banten, dan Semarang.

Agenda hari 2 cuaca cerah mendukung kami foto bersama dengan para surveyor di depan gedung rawat inap Puskesmas Sewon I. Agenda dilanjutkan yaitu penilaian dokumen masing-masing bidang dan juga observasi lapangan. Ketua Pokja UKP Puskesmas dr Ahmad Riyanto dan tim mendampingi dr. Della berkeliling beberapa Poli, Ketua Pokja Admen dr. Indriana Kusumaningrum beserta tim mendampingi dr. Niken untuk melihat lingkungan Puskesmas, Ketua Pokja UKM Puskesmas dr. Endang Fitriyani beserta tim mengunjungi Posbindu Kepuhan, MI Al Iman Sorogenen, Posyandu Lansia Larasati untuk melihat kegiatan UKM yang sudah berjalan. Agenda siang dilanjutkan penilaian dokumen lagi.

Foto bersama

Berjoget bersama surveyor

Penilaian UKP

Cuci Tangan yang dilaksanakan di MI Sorogenen

Kunjungan di Posyandu Lansia Larasati

Hari adalah hari terakhir kami berkutat denga dokumen kami yang kami paparkan kepada surveyor. Ketegangan runtuh setelah surveyor berjoget bersama mengikuti yel-yel kami yang ceria dan asyik. Agenda dimulai pemaparan hasil penilaian hasil hari sebelumnya. kemudian tanya-jawab kepada para undangan lintas sektor; yang meliputi Muspika Kecamatan, Kepala UPTD, KUA, kepala desa dan dusun, guru UKS sekolah, kader kesehatan dan lain sebagainya. Tanya-jawab surveyor dan lintas sektor untuk mengetahui kerjasama yang telah terjalin anatar Puskesmas dan instansi di lingkungan Puskesmas. Acara terakhir yaitu closing ceremony dan penutup dari Surveyor. Penilaian akreditasi bukanlah akhir tapi adalah awal perjuangan kami, segala kritk dan saran yang kami dapatkan dari surveyor mebuktikan kami masih jauh dari kata sempurna, dan ke depan harus meningkatkan performa dan kinerja sebagai wuujd dedikasi kami kepada surveyor kami yang sebenarnya yaitu masyarakat dan individu yang kami layani.

Tanya-Jawab dengan Lintas Sektor (1)

Tanja-jawab dengan Lintas Sektor (2)

Tanggapan dari guru TK Masyithoh Bibis

Komitmen setelah Akreditasi

Foto bersama para surveyor, perwakilan Dinas Kesehatan Bantul dan seluruh karyawan.

Kategori: Kegiatan puskesmas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *