Beberapa waktu yang lalu, pemerintah telah menetapkan bahwa Rabu tanggal 27 Juni 2018 menjadi hari libur nasional karena merupakan hari pemungutan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan walikota serta walikota dan walikota yang dilakukan secara serentak di beberapa provinsi dan kabupaten/kota. Menindaklanjuti Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2018 tersebut, di Kabupaten Bantul telah diterbitkan surat edaran Bupati Bantul Nomor 061/02616 Tahun 2018 tentang Hari Pemungutan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota tahun 2018 sebagai hari libur nasional.
Puskesmas sebagai instansi yang mempunyai tugas dan fungsi memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat diperbolehkan untuk mengatur penugasan pegawai pada hari libur nasional yang ditetapkan sehingga tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat. Begitu pula di UPT Puskesmas Sewon I, pada hari rabu tanggal 27 Juni 2018 telah dilakukan pengaturan penugasan yaitu sebagai berikut :
a. Pelayanan pasien rawat jalan tidak dibuka seperti hari biasa, namun
b. Pelayanan pasien tetap dilayani di unit gawat darurat yang buka selama 24 jam. Sehingga tidak benar jika ada pihak yang mengatakan bahwa pada hari Rabu tanggal 27 Juni 2018, Puskesmas Sewon I tutup pelayanan.
Pada hari Rabu tanggal 27 Juni 2018 terjadi peningkatan jumah pasien yang dilayani di UGD karena pasien yang biasa dilayani di rawat jalan, dialihkan pelayanannya ke UGD. Pada hari tersebut terdapat petugas kesehatan termasuk dokter jaga yang stand by untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat selama hari libur nasional pilkada. Tercatat ada sebanyak 40 pasien rawat jalan serta 2 orang pasien rawat inap yang tetap mendapatkan pelayanan kesehatan di UGD.

Pengumuman yang tertempel menjelaskan Pelayanan Gawat Darurat tetap dibuka

Pasien-pasien berdatangan untuk mendapatkan Pelayanan di UGD

Suasana Pelayanan

Kategori: berita kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *