JpegDalam rangka upaya mewujudkan kantin sekolah terutama sekolah dasar di wilayah Puskesmas Sewon II yang meliputi 2 desa dan terdiri dari 17 sekolah dasar, Puskesmas Sewon II dibawah kepemimpinan Bp. Hadi Pranoto,SKM,MPH mengadakan kegiatan advokasi kepada pengurus komite sekolah SD.Kegiatan yang dimotori oleh sanitarian Puskesmas Sewon II ,Nunuk Endang Pujiati ,AMKL dan dibantu sepenuhnya oleh UPT PPD kec Sewon ini terlaksana pada hari Senin dan Selasa 30 dan 31 Maret 2015.
Kegiatan ini menghadirkan perwakilan Komite Sekolah dari masing masing sekolah dasar yang ada di wilayah Puskesmas Sewon II ,kegiatan diawali dengan sambutan pembuka dari Kepala Puskesmas Sewon II yang menyatakan terima kasih atas kesediaan menghadiri undangan yang bertujuan semata mata untuk menjaga dan memastikan bahwa makanan jajanan yang dikonsumsi anak anak benar benar hanya yang memenuhi standart kesehatan . Sambutan kedua dari Kepala UPT Pendidikan Dasar Kec Sewon Bp. Cahyono Budi,SPd,MPd untuk tetap bersemangat bersama sama Puskesmas mengawasi peredaran makanan yang dikonsumsi anak anak di sekolah . Beliau menawarkan berbagai pola pengelolaan kantin sekolah agar pengawasan dan perkembangannya lebih mudah .
Inti kegiatan advokasi ini adalah refresh pengetahuan tentang Bahaya Tambahan Makanan yang biasa ditambahkan pada makanan jajanan anak sekolah terutama efek jangka panjang . Secara jelas dan gamblang materi disampaikan oleh dr. Rini Pantja S .
Refresh pengetahuan kedua tentang Makanan Jajanan anak sekolah , yang menitikberatkan pada upaya hygiene dan sanitasi makanan yang disajikan ,kasus kasus keracunan yang diupdate di media masa,dan sekolah yang menempati urutan kedua tempat terjadinya keracunan, dan makanan jajanan menjadi penyebab besar terjadinya keracunan . Materi ini disampaikan oleh Sanitarian Puskesmas Sewon II ,Nunuk Endang Pujiati,AMKL .
Kegiatan selanjutnya adalah kesepakatan diantara yang hadir untuk ikut mengawasi makanan jajanan di sekolah , ikut mengelola kantin yang belum terkelola dengan baik ,menjalin kerjasama ynag baik dengan Puskesmas untuk menangani hal hal yang berkaitan dengan kesehatan makanan jajanan.Juga keinginan dari Komite Sekolah agar Puskesmas bisa menyebarluaskan pengetahuan dan perilaku sehat pada anak dalam hal mengkonsumsi makanan.
Pertemuan ditutup dengan kesediaan masing masing pihak untuk memeuhi kesepakatan demi menjaga kesehatan anak anak SD agar hanya makan makanan sehat yang disajikan di kantin sekolah yang sehat pula .

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *