Data penderita Demam Berdarah di wilayah Puskesmas Sewon II yang tak kunjung turun dan malah cenderung meningkat tajam di tahun 2016 , memaksa upaya ekstra untuk pencegahan dan pengendalian . Telah banyak usaha yang dilakukan pada tahun 2016 dan ternyata belumj memberikan hasil yang signifikan .Kegiatan monitoring PSN sebulan sekali bersama tim Pokjanal DBD tingkat Kecamatan , Langkah cepat Penyelidikan epidemiologi , Pemberdayaan masyarakat di wilayah yang terjadi KLB , Memaksimalkan kerjasama lintas sector ,dan Fogging focus sudah dilakukan . Tapi tampaknya kegiatan tersebut belum mampu mendongkrak angka bebas jentik apalagi menurunkan kasus DBD .

Untuk mengawali kegiatan pencegahan dan penanggulangan DBD di wilayah Puskesmas Sewon II di tahun 2017 beberapa alternative kegiatan sudah disusun dan direncanakan oleh petugas P2DBD Nunuk Endang Pujiati yang tentu saja melibatkan lintas program , lintas sector , Desa , dan PKK  serta lembaga swadaya masyarakat yang ada .

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan pelatihan ulang kader Jumantik RT yang ada di 31 dusun di wilayah Puskesmas Sewon II , dengan berkeliling dan bertemu langsung dengan para jumantik RT .

Kegiatan yang dilakukan Nunuk Endang Pujiati didampingi Pak Sunarno , Sag ( untuk desa Panggungharjo ) dan Ibu Widi Sukarsih ( Desa Bangunharjo ) meliputi :

  1. Evaluasi kegiatan jumantik selama melakukan kegiatan pemantauan
  2. Penyegaran kembali pengetahuan dan ketrampilan tentang DBD
  3. Menyusun kesepakatan bersama untuk kembali rutin melakukan pemantauan jentik di masing masing RT

Dari hasil kegiatan ini diharapkan kegiatan pemantauan dapat kembali berjalan rutin di masing masing RT , ketepatan laporan dan pelaksanaan pemantauan menjadi salah satu hal yang dinilai dalam pemberian reward DB4MK yang dananya sudah disiapkan oleh Pemerintah Desa Panggungharjo dan Bangunharjo .

DBD bisa kita cegah , jangan membuat lingkungan menjadi istana yang menyenangkan bagi nyamuk , jangan menjadikan jentik sebagai piaraan .

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *