DUSUN UNGGULAN KESEHATAN LINGKUNGAN

Kesibukan kecil terlihat sejak pagi hari itu Selasa tanggal 18 April 2017 di rumah Bp Dukuh Sorowajan . Pagi itu Sorowajan yang bersih dan sehat akan menerima tamu Tim penilai calon Tenaga Kesehatan teladan tingkat DIT th 2017 . Sorowajan terpilih mendampingi Sanitarian Puskesmas Sewon II , Nunuk Endang Pujiati, AMKL karena telah terwujud sebagai kawasan yang telah melaksanakan deklarasi Dusun STBM  ( Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ) dengan pelaksanaan 5 pilar yang sudah baik ,karena proses pendampingan panjang yang dilakukan oleh sanitarian bersama tokoh masyarakat dan lintas sector .

5 pilar tersebut meliputi :

  1. Semua warga sudah Stop Buang air besar sembarangan
  2. Perilaku cuci tangan pakai sabun sudah membudaya
  3. Pengolalaan air minum dan makanan rumah tangga yang baik
  4. Pengelolaan sampah rumah tangga yang baik
  5. Pengelolaan limbah cair rumah tangga yang baik

Selain itu ada beberapa inovasi yang dikembangkan disana oleh Nunuk Endang Pujiati diantaranya

  1. Ada deklarasi dan komitmen untuk upaya membatasi pemakaian plastic ,gerakan ini dinamai dengan BATIK GO GREEN
  2. Pengembangan kearifan local dengan memanfaatkan daun sirih untuk mencuci tangan
  3. Gerakan bersama menanam sereh untuk upaya menjauhkan nyamuk dari lingkungan
  4. Menampung semua limbah bekas minyak goreng untuk kemudian dikelola di Bank Tigor milik BUMDes Panggungharjo Lestari
  5. Mengelola dengan bijak sampah rumah tangga bekerja sama dengan BUM Des dan hasilnya untuk kepentingan masyarakat sekitar dengan lebih baik ( Bank dan sedekah Sampah )
  6. Melatih dan menggerakkan anak anak usia SD untuk ikut peduli dan memantau jentik dalam upaya pencegahan dan penanggulangan penyakit demam berdarah ,namanya ADINDA ( Anak anak peduli Demam berdarah )

Dalam kesempatan tersebut hadir para tokoh masyarakat dan lintas sector yang selama ini telah bekerja bersama dan akan tetap bersama mewujudkan Panggungharjo STBM tahun 2019 diantaranya ; Camat Sewon , Muspika Sewon , Kepala instansi ke kec Sewon ,Lurah Desa Panggungharjo , Lurah Desa Bangunharjo , PKK Kec Sewon , PKK Desa Panggungharjo dan Bangunharjo ,RBG Rumah Zakat , Direktur Bank Sampah , Direktur Akbid Yo , Kader STBM se Desa Panggungharjo dan tentunya yang selama ini telah selalu bekerja keras bersama Nunuk Endang Pujiati mewujudkan Sorowajan STBM yaitu Kepala Dusun , Kader Kesehatan , Pak RT , dan semua tokoh masyarakat Sorowajan .

Deklarasi Batik Go Green

Deklarasi STBM

Tas Sampah Pilah

Tas Batik Go Green

Jelantah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *